KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU NOTOG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Yunia Caesar P., CAESAR (2020) KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU NOTOG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAKSI.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUNIA CAESAR_KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU NOTOG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kehadiran media pembelajaran memiliki arti penting bagi guru maupun siswa selama pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyalurkan pesan yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Dengan demikian, interaksi antara guru dan siswa bisa berjalan dengan baik. Siswa tidak merasa bosan, pembelajaran tercapai, membangkitkan semangat dan motivasi belajar. Hal ini berkaitan dengan kreativitas guru dalam mengajar. Seorang guru diituntut kreativitasnya dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik. Serta mengembangkan ide-idenya dalam melatih kekreativitasan guru. Tanpa adannya media pembelajaran siswa merasa kesulitan dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Skripsi ini mengkaji tentang kreativitas guru dalam penggunaan media pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Ma’arif NU Notog. Tujuan penelitian imi adalah untuk mendeskripsikan secara jelas kreativitas guru dalam penggunaan media dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Ma’arif NU Notog. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan suatu bentuk penelitian yang paling dasar. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode dalam menganalisis data penulis menggunakan model Milles and Huberman. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru melakukan kreativitas dalam 3 tahapan yaitu: perencanaan, penggunaan dan evaluasi. Terkait perencanaan guru melakukan kreativitas dengan cara berkoordinasi dengan Kepala Madrasah, melakukan diskusi teman sejawat, KKG, pelatihan/seminar untuk membuat rencana media yang terbaik dan juga dalam perencanaan ini guru memanfaatan lingkungan sehingga lebih murah dan dalam perencanaan ini guru merencanakan beberapa media yang menarik seperti montase, card sort, gallery walk. Terkait penggunaan guru melakukan kreativitas dengan me-matching metode yang digunakan dan melakukan pengaturan ruang kelas sehingga media bisa berjalan, dan penggunaan berbagai media baik visual, power point, video serta pemberian cara penggunaan media. Terkait evaluasi guru melakukan kreativitas dengan cara mengobservasi efek dari penggunaan media dengan mengamati indikator-indikator yang telah disiapkan sebelumnya seperti mengecek apakah siswa antusias atau tidak dengan media yang digunakan, tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum pada saat penggunaan media dan siswa menjadi lebih paham atau belum terkait dari penggunaan media tersebut. Kata Kunci : Kreativitas Guru Dalam Penggunaa Media, Pembelajaran Tematik, Kelas IV MI Ma’arif NU Notog

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru (Tugas Akhir)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Yunia Caesar Priastuti
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:46
Last Modified: 26 Aug 2020 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item