Siti, Yuliatun Khasanah (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA KELAS VIII DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
SITI YULIATUN KHASANAH_STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Soft skills adalah kemampuan non akademik yang berupa kemampuan intrapersonal dan interpersonal. Kemampuan tersebut dapat mempermudah manusia dalam memahami diri sendiri, kelompok, maupun dengan Sang pencipta. Soft skills sangat penting untuk siswa, untuk itu dalam pembelajaran guru harus menanamkan nilai-nilai soft skills. Namun, dalam realitanya masih banyak guru yang belum menanamkan nilai-nilai soft skills dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai strategi pembelajaran guru PAI dalam mengembangkan soft skills siswa kelas VIII di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya termasuk dalam penelitian lapangan (field Research). Dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, dengan informan tiga guru dan dua belas siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru PAI dalam mengembangkan soft skills siswa kelas VIII di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020 sudah dilaksanakan dengan baik. Dengan kesimpulan: strategi pembelajaran guru PAI dalam mengembangkan kemampuan personal siswa yaitu kegiatan pengembangan karakter seperti sholat Dhuha, membaca Al-Quran secara mandiri, doa dzikir, dan kegiatan pagi ceria, guru membuat kontrak belajar, tugas membuat mind mapping dan media pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa serta guru memberikan contoh yang baik. Adapun untuk mengembangkan kemampuan intrapersonal siswa, guru memberikan motivasi, menggunakan media pembelajaran yang menarik, dan menggunakan metode diskusi. Dan untuk mengembangkan kemampuan gabungan siswa, guru menceritakan suatu kisah teladan, melarang siswa menyontek, penugasan secara berkelompok, dan menggunakan metode diskusi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Soft Skills Siswa Kelas VIII
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Soft Skills Siswa Kelas VIII |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Siti Yuliatun Khasanah |
Date Deposited: | 23 Aug 2020 06:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2020 06:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7859 |
Actions (login required)
View Item |