Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Aqidah siswa di Madrasah Diniyyah Al-Ittihaad Pasir Wetan

Lu'luul, Maknunah (2020) Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Aqidah siswa di Madrasah Diniyyah Al-Ittihaad Pasir Wetan. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LU'LUUL MAKNUNAH_PEMBELAJARAN KITAB „AQIDATUL AWWAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia berhak untuk memperoleh pendidikan. Dalam dunia pendidikan ada istilah pembelajaran. Sebagai dasar pengetahuan terutama dalam bidang agama ini, siswa diharapkan bukan hanya sekedar menerima pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru, tetapi perlu adanya pemahaman dan mengamalan dalam kehidupan sehari-hari.Untuk itu perlu adanya suatu keyakinan atau Aqidah yang kuat. Adanya pemahaman tentang Aqidah yang kuat tentu yang dapat dilakukan oleh siswa yaitu salah satunya dengan menanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam sebagai upaya menanamkan nilai-nilai Aqidah siswa di Madrasah Diniyyah Al-Ittihaad Pasir Wetan? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab Aqidatul Awwam dan mendeskripsikan mengenai penerapan penanaman nilai-nilai Aqidah siswa melalui kitab Aqidatul Awwam. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan dan menggunakan penelitian jenis kualitatif, dengan menyajikan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Sekretaris Madrasah, Guru Mata Pelajaran Tauhid, guru kelas, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti mengetahui upaya menanamkan nilai-nilai Aqidah siswa melalui Pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di Madrasah Diniyyah Al-Ittihaad Pasir Wetan yaitu dengan membiasakan diri membaca do’a sebelum belajar, melakukan pembiasaan seperti yang telah diprogramkan di madrasah yaitu melaksanakan kegiatan shalat ashar secara berjamaah hal ini merupakan salah satu nilai yang ditanamkan berupa nilai ibadah. Sedangkan Nilai Aqidah lain yang ditanamkan berupa nilai moral yang menyangkut mengenai kewajiban dan tanggungjawab. Di Madrasah menerapkan kepada siswa untuk wajib menghafal bait nadzam, yang mana nadzam tersebut berisi tentang keyakinan terhadap Allah dan rukun iman lainnya. Setelah meyakini benar adanya Allah, siswa diwajibkan melaksanakan shalat lima waktu sebagaimana rukun islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam,Penanaman nilai-nilai Aqidah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.01 Filsafat, teori Aqaid dan ilmu kalam
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.3 Kitab-Kitab Allah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Lu'luul Maknunah
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:57
Last Modified: 19 Aug 2020 04:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item View Item