Indah, Muryati (2020) PENILAIAN HASIL BELAJAR DI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL ‘ULUM DESA JURANGBAHAS KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
INDAH MURYATI_PENILAIAN HASIL BELAJAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berbicara tentang pendidikan di dalamnya tidak lepas dari sebuh sistem pendidikan. Di dalam sistem pendidikan ada beberapa elemen salah satunya yaitu evaluasi atau penilaian. Penilaian merupakan salah satu komponen atau tahapan penting guna mengetahui perkembangan anak didik. Selain itu, hasil yang diperoleh dari suatu penilaian dapat dijadikan feedback bagi guru dalam menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Melihat akan pentingnya penilaian oleh karena itu penilaian baik di sekolah formal maupun non formal harus tersistem dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penilaian hasil belajar di madrasah diniyah roudlotul ‘ulum desa jurangbahas kecamatan wangon kabupaten banyumas dari sisi persiapan, pelaksanaan serta pelaporan hasil penilaian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan sebuah upaya pengolahan data menjadi sebuah hasil yang dapat dijelaskan dengan tepat yang bertujuan agar dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak mengalaminya secara langsung. Sedangkan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (Recduction Drawing), penyajian data (Data Display), dan verifikasi data (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukan bawah penilaian di Madrasah Diniyah Roudlotul ‘Ulum Desa Jurangbahas Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas seperti halnya penilaian di pendidikan formal. Penilaian di Madrasah Diniyah Roudlotul ‘Ulum Desa Jurangbahas Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas menggunakan dua jenis penilaian yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian ini melalui beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan serta tahap pelaporan hasil penilaian. Aspek yang di nilai yaitu aspek kognitif afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian, hasil belajar, madrasah diniyah |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Indah Muryati |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 01:42 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 01:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7840 |
Actions (login required)
View Item |