PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 KEBUMEN

Ari, Septiani (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARI SEPTIANI_PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar penting untuk dimiliki siswa dalam belajar matematika. Kemandirian belajar ini dapat memotivasi siswa untuk maksimal dalam belajar sehingga menjadikan siswa lebih siap dalam menerima materi pelajaran di sekolah. Pengaruh lain dari kemandirian belajar diduga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. Karena dengan kemandirian belajar, siswa berusaha mengeluarkan seluruh potensi dalam belajar. Termasuk di dalamnya adalah menyampaikan ide-ide matematika atau komunikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kebumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kebumen yang berjumlah 306 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket dan instrumen tes. Instrumen angket digunakan untuk mengukur variabel kemandirian belajar siswa dan instrumen tes digunakan untuk mengukur variabel kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kemandirian belajar terhadap variabel kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kebumen. Hal ini dapat dilihat pada koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,190 yang berarti pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi siswa sebesar 19,0%. Adapun persamaan regresi linear sederhana yang terbentuk yaitu Y ̂=5,705+0,171X. Persamaan ini menunjukkan bahwa apabila variabel kemandirian belajar siswa (X) meningkat satu poin maka kemampuan komunikasi matematis (Y) akan bertambah 0,171.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, komunikasi, matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Ari Septiani
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:22
Last Modified: 18 Aug 2020 01:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7801

Actions (login required)

View Item View Item