MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA PURWOKERTO

ULFA, NURTIONITA (2020) MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ULFA NURTIONITA_MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MODERN EL-FIRA PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu keberhasilan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kuantitas jumlah santri baru yaitu dengan menerapkan manajemen pemasaran yang sudah direncanakan dengan baik, sehingga hasil yang dilakukan mencapai tujuan yang diinginkan secara maksimal. Dengan menerapkan manajemen pemasaran yang baik, maka konsumen atau pelanggan dapat mengenal dan mengetahui produk pondok pesantren yang diinginkan. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran tersebut pondok pesantren dapat terus termotivasi dalam meningkatkan dan mengembangkan produk-produk yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran dalam meningkatkan kuantitas santri baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan suatu deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Teknik analisis dan keabsahan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran yang dilakukan pondok pesantren dalam meningkatkan kuantitas santri baru dengan melakukan fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasiaan, pelaksanaan, dan pengawasan serta evaluasi telah berjalan dengan baik. Tindakan fungsi manajemen tersebut diawali dari proses perencanaan dengan melakukan langkah-langkah dalam perencanaan. Kemudian dalam pengorganisasian dilakukan pembentukan struktur kepanitiaan dan kordinasi antara pengasuh pondok, pengurus dan panitia yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaan pengurus tetap membantu tugas panitia serta mengawasi jalannya kegiatan tersebut. Melalui pengawasan, pengasuh dapat melihat proses secara langsung mengenai tindakan-tindakan fungsi manajemen. Selain itu pondok pesantren juga melakukan evaluasi dalam mengatasi dan memperbaiki segala kekurangan atau hambatan yang terjadi dalam manajemen pemasaran. Dalam melakukan kegiatan manajemen pemasaran, pondok pesantren juga memiliki faktor pendukung dan penghambat kinerja. Faktor penghambat tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi agar terus termotivasi dalam mengembangkan dan meningkatkan kuantitas santri baru di di Pondok Pesantren Modern Elfira.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Kuantitas Sntri Baru, Pondok Pesantren Modern Elfira
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ulfa Nurtionita sdr
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:32
Last Modified: 18 Aug 2020 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7780

Actions (login required)

View Item View Item