PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PATIKRAJA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

RITA, FEBRIANTI (2020) PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PATIKRAJA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RITA FEBRIANTI_Pengembangan Kecerdasan Sosial-Emosional Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Patikraja Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri dengan pribadi maupun lingkungan sosial sangat penting dan perlu mendapat perhatian semua pihak, baik orang tua, para pendidik, maupun masyarakat dan terutama anak usia dini. Keberhasilan sosial akan berpengaruh positif dan membawa keberhasilan yang lain karena anak merasa puas, senang dan percaya diri. Kemampuan anak dalam membentuk kecerdasan sosial-emosional dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan maupun hal-hal yang dapat dilakukan si anak dilingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan sosial-emosional anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Patikraja yang ditunjukkan dengan kegiatan atau aktivitas yang ada di lembaga dengan menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di lakukan di lembaga TK Aisyiyah Bustanul Athfal Patikraja Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi guru dan orang tua anak didik. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan adanya pengembangan kecerdasan sosial-emosional anak usia dini dengan melalui kegiatan atau aktivitas yang dilakukan anak didik seperti kegiatan bermain alat manipulatif, kegiatan bermain balok, bermain air dan pasir. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga pengembangan kecerdasan sosial anak meningkat: kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan dan kegiatan penutup. Kata Kunci. Kecerdasan Sosial-Emosional dan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sosial-Emosional dan Anak Usia Dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rita Febrianti Febrianti
Date Deposited: 13 Aug 2020 15:49
Last Modified: 13 Aug 2020 15:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7705

Actions (login required)

View Item View Item