Ita, Fitriyani (2020) Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Ita Fitriyani Edit fix.in-2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kreativitas guru sangat diperlukan sebagai upaya menghasilkan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang baik. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga harus memahami sejumlah model dan desain pembelajaran guna menumbuhkan minat belajar siswa. Beberapa masalah yang menjadi akibatnya, yaitu siswa tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab karena pembelajaran yang monoton, atau siswa kesulitan untuk mempelajari Bahasa Arab. Selain itu kurangnya antusias siswa dalam belajar dan masih ada siswa yang tidak memperhatikan dan berbisik-bisik ketika diberi penjelasan, hal ini berakibat pada kondidi ruang kelas menjadi kurang kondusif. Skripsi ini mengkaji tentang kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab guna meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) bentuk kreativitas guru, (2) keadaan minat belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bukateja, untuk mengetahui kompetensi guru kelas dalam lembaga tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualilatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya kreativitas guru dalam pembelajaran Bahasa Arab guna meningkatkan minat belajar dapat dikatakan baik. Ini dapat dikatakan sebagai berikut (1) kreativitas guru adalah berbagai macam kreativitas yang dilakukan ketika mengajar, dengan mampu mengombinasikan kemampuan kreatifnya dengan metode pembelajaran, (2) Minat belajar siswa baik. Apalagi dengan guru selalu menggunakan media yang menarik. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan tingkah laku siswa ketika mengikuti pembelajaran Bahasa Arab. Rekomendasi peneliti dalam kreativitas guru dalam pembelajaran Bahasa Arab perlu adanya kerjasama antara pihak sekolah, guru dan murid. Adanya siswa yang belum lancar membaca dan menulis teks Arab serta minimnya pengetahuan siswa tentang Bahasa Arab. Kata Kunci : Kreativitas guru, pembelajaran Bahasa Arab, minat belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Pembelajaran bahasa Arab, Minat Siswa |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Sdri Ita Fitriyani |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 01:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 01:13 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7672 |
Actions (login required)
View Item |