KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSSA

Sri, Ayuni (2020) KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSSA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI AYUNI_KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSSA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Di zaman modern saat ini anak-anak sering main hand phone yang kurang bermanfaat untuk pengetahuan dan banyak tayangan yang kurang mendidik bagi anak, ada banyak sekali kecerdasan pada anak usia dini salah satunya kecerdasan spiritual dimana dapat membuat orang lebih mengenali diri, lingkungannya dan berfikir dari sudut pandang yang positif sehingga orang yang memiliki kecerdasan spiritual mampu membentuk dirinya menjadi pribadi yang utuh, mandiri, dan mampu melihat kegagalan. Di Indonesia sendiri banyak anak-anak yang menyukai film kartun, film animasi nussa salah satu peluang untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini dimana film animasi menjadi penyelamat kekhawatiran orang tua, cerita dan perilaku yang ada di dalam film animasi tersebut bukan tidak mungkin anak akan menirukan dan mencontoh dari film yang ditontonnya disini guru dan orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan tontonan kepada anak. Tujuan dari peneliti ini yaitu mendeskripsikan bagaimana kecerdasan spiritual anak usia dini dalam film animasi nussa. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu menggunakan analisis isi (content analiysis) menurut Krippendorf yang mana analisis isi adalah suatu teknik penelitian yang membuat inferensi yang dapat ditiru dan sahih datanya dengan memerhatikan konteksnya. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan yaitu terdapat beberapa scene dan dialog yang sesuai dengan indikator kecerdasan spiritual diantaranya kemampuan bersikap fleksibel, tingkat kesadaran yang tinggi, dapat menghadapi dan memangfaatkan penderitaan, mampu menghadapi rasa takut, mempunyai visi dan nilai dalam kualitas hidup, tidak ingin menyebabkan kerugian yang tidak perlu, cenderung melihat keterkaitan berbagai hal, sering bertanya “mengapa” atau “bagaimana jika”, serta kepemimpinan yang penuh pengabdian, tanggung jawab dan adil. Sedangkan nilai-nilai untuk mengoptimalkan kecerdasan spiritual terdapat beberapa scene dan dialog yang dapat mengoptimalkan kecerdasan spiritual anak usia dini, dari semua nilai-nilai tersebut ada nilai yang tidak sesuai dengan scene dan dialog film animasi nussa yaitu membacakan kitab suci dan menjelaskan maknanya, menceritakan kisah-kisah agama dan tokoh-tokoh spiritual, mendengarkan seni-seni keislamian dan inspirasional, dan membawa anak untuk berekreasi ke alam terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, Film animasi Nussa, Kecerdasan spiritual,
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Sri Ayuni
Date Deposited: 10 Aug 2020 01:58
Last Modified: 10 Aug 2020 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7649

Actions (login required)

View Item View Item