KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM FILM "THE TEACHER DIARY" DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM

Putri, Karomah (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM FILM "THE TEACHER DIARY" DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUTRI KAROMAH_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM FILM THE TEACHER DIARY DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menjadi guru profesional seharusnya dapat menguasai empat kompetensi guru seperti yang tertera dalam UU No. 14 Tahun 2005, dari keempat kompetensi tersebut salah satunya ialah kompetensi profesional guru. Untuk meningkatkan profesionalitas dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara memanfaatkan media non cetak berupa film. Salah satu film yang sesuai dengan hal tersebut yakni film The Teacher Diary karya Nithiwat Tharatorn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam film The Teacher Diary dan relevansinya pada pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu film The Teacher Diary dan sumber sekunder yaitu berupa buku-buku, majalah, dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Hasil penelitian kompetensi profesional guru dalam film The Teacher Diary dan relevansinya pada pendidikan Islam, yakni: 1) Dalam film tersebut terdapat empat nilai kompetensi profesional guru yaitu memiliki kemampuan menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran atau bidang studi yang diampunya; menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar pada mata pelajaran atau bidang studi yang diampunya; memiliki kreatifitas dalam mengembangkan materi pembelajaran yang diampunya; mengembangkan keprofesionalannya secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. 2) Nilai kompetensi profesional guru dalam film The Teacher Diary memiliki relevansi dengan pendidikan Islam yang kemudian diamalkan melalui proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yakni mendapatkan ridho Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesional, The Teacher Diary, Pendidikan Islam.
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Depositing User: Sdri Putri Karomah
Date Deposited: 27 Jul 2020 14:35
Last Modified: 27 Jul 2020 14:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7547

Actions (login required)

View Item View Item