STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURBALINGGA

LILI, HASTUTI (2020) STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LILI HASTUTI_STRATEGI EDUTAINMENT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dan pasti ada dalam setiap pendidikan. Pembelajaran yang menyenangkan merupakan dambaan bagi setiap peserta didik. Selama ini, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masih dimaknai sebagian orang, merupakan mata pelajaran yang tidak digunakan dalam persaingan dunia kerja dan hanya berkaitan dengan permasalahan yang dari dulu hingga sekarang tidak berkembang. Kejenuhan yang dialami para peserta didik, sejatinya telah terjawab dalam kompleksitas kurikulum 2013. Namun, pada pelaksanaannya belum maksimal. Sebagai pendukung penerapan kurikulum 2013, edutainment sebagai strategi terapan yang memadukan antara pendidikan dengan hiburan agar pembelajaran menjadi menyenangkan serta mengena. Suasana pembelajaran yang demikian, dapat memicu efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran. Terdapat tiga aspek yang dibahas dalam penelitian ini yakni aspek humanizing the classroom, active learning, dan quantum teaching mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta hasil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fielad research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles and Huberman yang mencakup tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebelum data disimpulkan, dilakukan pula triangulasi data dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengecek kebenaran dan memperkaya data hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, dalam ketiga aspek memiliki perencanaan dan pelaksanaan tersendiri. Aspek humanizing the classroom berkaitan dengan dengan pengaturan ruang kelas dengan komunikasi yang baik. Aspek active learning berkenaan dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif sebagai penerapan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Aspek quantum teaching berupa pelaksanaan konsep TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai,Demonstrasi, Ulangi, rayakan). Dari penerapan ketiga konsep tersebut, hasil pembelajaran berimbas aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik kearah yang lebih baik. Hal tersebut didukung dari input dan kondisi sekolah yang tergolong bonafit, hanya saja kendalanya adalah kondisi dan situasi yang terkadang tak terduga. Sebagai solusi, dilakukan pendalaman aspek humanizing the classroom dan komunikasi positif antar pelaksana program pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Strategi Edutainment, PAI Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 24 Jul 2020 07:21
Last Modified: 24 Jul 2020 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7535

Actions (login required)

View Item View Item