PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH DESA BANDUNG KABUPATEN KEBUMEN

Yuli Alfianti, Yuli Alfianti (2020) PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH DESA BANDUNG KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YULI ALFIANTI_PENDIDIKAN VOCATIONAL SKILL DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH DESA BANDUNG KABUPATEN KEBUMEN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pendidikan Vocational skill di pondok pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung Kabupaten Kebumen, dilatar belakangi oleh pada umumnya pendidikan formal ataupun non formal mampu menghasilkan pribadi yang mandiri dan memiliki keterampilan dalam menjalani kehidupan terutama dalam dunia kerja. Namun kenyataanya, masih banyak kalangan terdidik yang telah lulus dari lembaga pendidikan yang masih menganggur dikarenakan kurangnya keterampilan yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendidikan vocational skill di pondok pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung Kabupaten Kebumen. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah pendidikan vocational skill di pondok pesantren Nurul Hidayah Kebumen. Untuk memperoleh data dan mengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data kemudian dianalisis dengan tahapan : 1. Meredukasi data, 2. Menyajikan data, dan 3. Menyimpulkan hasil dari penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : Pelaksanaan pendidikan Vocational Skill di pondok pesantren Nurul Hidayah melalui kegiatan pelatihan-pelatihan keterampilan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu dengan mengadakan usaha-usaha yang dapat dijadikan wadah santri dalam mengembangkan bakat, keterampilan, dan melatih kemandirian, dalam prosesnya santri diberi keluasan untuk ikut serta dalam pengelolaan dari berbagai unit-unit usaha yang telah dirintisnya. Tujuan pesantren Nurul Hidayah menyelenggarakan program pendidikan vocational skill adalah melestarikan tradisi ulama terdahulu dan mengembangkan bakat dan keterampilan santri guna bekal kehidupan mandiri. Dalam pelaksanaan pendidikan vocatioal skill di pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung Kabupaten Kebumen menggunakan metode Coaching yang berupa bimbingan langsung dari pengasuh ataupun kordinator setiap unit usaha. Dan metode praktik secara langsung dan metode demonstrasi di mana para santri melakukan pekerjaan keterampilan secara langsung tanpa adanya pembelajaran teori terlebih dahulu dan sebagian dari keterampilan ada yang membutuhkan teori terlebih dahulu. Evaluasi pendidikan vocational skill menggunakan teknik observasi yaitu pengasuh mengontrol setiap kegiatan usaha ke lapangan. Dalam pelaksnaanya terdapat hambatan-hambatan yaitu : pendanaan, sarana prasarana, waktu pelaksanaan serta krangnya tenaga pendidik yang profesional. Kata Kunci : Pendidikan, Vocational Skill, Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Vocational Skill, Pesantren.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Yuli Alfianti
Date Deposited: 08 Jul 2020 05:54
Last Modified: 08 Jul 2020 05:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7464

Actions (login required)

View Item View Item