PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

FEBY RIAS KINANTHI, 1323308090 (2020) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
FEBY RIAS KINANTHI_PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKUIKULER DI SDIT HARAPAN B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada diri manusia, baik dalam kehidupan manusia sebagai makhluk individu maupun sebagai anggota masyarakat dan bangsa. Maju mundurnya sebuah masyarakat bergantung pada karakter manusianya. Degradasi moral yang terjadi akhir-akhir ini membuat pemerintah harus mengambil langkah tepat dengan memasukan pendidikan karakter religius melalui kurikulum pendidikan nasional. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler di SDIT Harapan Bunda Purwoketo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Objek dari penelitian ini adalah Pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler di SDIT Harapan Bunda Purwokerto dan subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, pengampu ekstrakurikuler SDIT Harapan Bunda Purwokerto, pendamping ekstrakurikuler qiro’ah dan hadroh serta peserta didik. Manfaatnya secara akademis adalah untuk memberikan pengetahuan dalam bidang pendidikan Islam, memperkaya wawasan ilmu pengetahuan bagi peneliti dan bagi pembaca tentang pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler, menjadi sumbangan pemikiran bagi para pendidik dan calon pendidik dalam hal pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini, Pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler qiro’ah dan hadroh dilaksanakan setiap satu minggu sekali pada pukul 13.10. Terdapat beberapa karakter yang muncul pada peserta didik ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah dan hadroh. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler Qiro’ah dan Hadroh, sekolah menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, metode pengamatan dan pengawasan, serta metode hukuman. Kegiatan ekstrakurikuler religius ini berjalan baik karena didukung dengan pengembangan kebudayaan religius secara rutin yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter religius, ekstrakurikuler, qiro’ati, hadroh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:06
Last Modified: 07 Jul 2020 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7461

Actions (login required)

View Item View Item