ALFAN SIYANTORO, 1323305004 (2020) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS V MIM BEJI KEC.KEDUNGBANTENG KAB.BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
ALFAN SIYANTORO_IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaranadalahsegalasesuatu yang dapatdigunakandalammembantu proses pembelajaranuntukmemudahkanpenyampaianataumenyalurkanpesandarisumberkepenerimagunatercapainyatujuanpembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran yang menggunakan media akanmenjadikansiswalebihmemahamidanmengertimateri yang disampikan guru. Makadariitu guru dituntutuntukkreatifdalammenggunakan media sehingga media tersebuttepatdansesuaidenganmaterisertadiharapkandapatditerimadenganmudaholehsiswa. PenulismengambiljudultentangImplementasi Media PembelajaranpadaKurikulum 2013 di MI MuhammadiyahBeji.Judulinipenulissusunkarenasekolahinitelahmenggunakan media dalampembelajarankelas. Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanbagaimanapenggunaan media padamatapelajara yang disampaikanoleh guru di kelas V. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield research, denganmenggunakanpendekatankualitatifdanpenelitianinibersifatdeskriptif.Subjekpenelitianiniyaitu Guru kelas V MI MuhammadiyahBeji. Adapunobjekpenelitianiniadalahpenggunaan media padamatapelajaran di kelas V di MI MuhammadiyahBejidenganstandarkurikulum 2013.Teknik pengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa media yang digunakan di MI MuhammadiyahBeji di kelas V bervariasi, ada media jenis visual, audio, dan audiovisual.Langkah-langkahdalammenerapkan media dalampembelajaranmeliputi: tahappersiapandenganmembuat RPP, menyiapkan media, danmenyimpan agar siappakai. Langkahkeduaadalahpelaksanaanataupenyajian media dalampembelajarandengancaramenyajikan media, menjelaskantujuanpembelajaran yang disajikandengan media, menjelaskan media, menjelaskantugassiswadalammengamatiataumenerima media pembelajaran, memberikesempatankepadasiswauntukmengomentariisi media, bersama-samasiswamengulasmateri yang tersampaikandalam media pembelajaran, danmengklarifikasiataumeluruskandanmenambahpesan yang diterimasiswadari media. Tahap yang terakhiradalahmelakukanevaluasi media dantindaklanjutdenganmelakukanevaluasihasilbelajardanjugamengevaluasipenyajian media apakahsudahsesuaidenganrencanaataupersiapan yang telahdibuatataubelumuntukmengetahuiefektifitasdanefisiensi media dalampembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Media Pembelajaran, Kurikulum 2013. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 03:48 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 03:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7449 |
Actions (login required)
View Item |