PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK DI TPQ NURUL HUDA DESA KABUNDERAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA SKRIPSI

Riyanti Awalia Putri, 1617402077 (2020) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK DI TPQ NURUL HUDA DESA KABUNDERAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
RIYANTI AWALIA PUTRI_PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANG.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang paling mendasar, hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan anak merupakan suatu proses pendidikan yang harus ditempuh sesuai dengan usia dan kemampuan yang dimiliki setiap individu. Pendidikan yang terjadi dalam suatu lingkungan masyarakat pastilah memerlukan bantuan serta bentuk partisipasi dari masyarakat sekitar lingkungan pendidikan. Kemudian, tujuan dan manfaat penulisan ini adalah untuk mengetahui antara idealisme teori dan realitas tentang partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan anak di TPQ Nurul Huda Desa Kabunderan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian adalah TPQ Nurul Huda Desa Kabunderan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, subjek penelitian adalah pengasuh TPQ Nurul Huda, ustadz/ustadzah TPQ Nurul Huda, wali santri dan tokoh masyarakat Desa Kabunderan. Objek penelitian berupa partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan tiga langkah yakni reduksi data atau merangkum dengan memfokuskan pada hal-hal yang penting untuk menentukan tema dan membuang yang tidak diperlukan. Kedua, yakni penyajian data atau display data dilakukan dalam bentuk narasi dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan atau conclusion drawing. Hasil dari penelitian berupa partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan anak di TPQ Nurul Huda sudah berjalan sesuai dengan kemampuan masing-masing individu. Hal ini dapat dilihat dari berbagai bentuk respon dan tanggapan yang diberikan oleh masyarakat sekitar lingkungan TPQ Nurul Huda. Hanya saja memang masih banyak santri yang belum mengalami perkembangan akibat kurang seriusnya santri dalam belajar di TPQ Nurul Huda. Partisipasi masyarakat yang diberikan dalam pengembangan pendidikan anak antara lain: 1) partisipasi dalam bidang akdemik, 2) partisipasi dalam bidang finansial, 3) partisipasi dalam bidang kultur lingkungan, dan 4) pelaksanaan rapat evaluasi. Dalam pelaksanaan partisipasi ini ternyata sudah berlangsung sejak awal mula TPQ Nurul Huda berdiri dan masih berlangsung hingga sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Pendidikan Anak, TPQ Nurul Huda
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Jul 2020 01:56
Last Modified: 06 Jul 2020 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item