PENDIDIKAN PEMBEBASAN DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR

Azkiya Elmaas M, 1617402096 (2020) PENDIDIKAN PEMBEBASAN DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Azkiya Elmaas M_Pendidikan Pembebasan dalam Film Taare Zameen Par.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia pada dasarnya memiliki potensi tertentu yang harus dikembangkan secara optimal, baik sebagai makhluk pribadi, sosial maupun makhluk Tuhan. Manusia yang berkembang secara seimbang dengan ketiga dimensi itu disebut manusia utuh. Salah satu pendidikan yang menganut aliran humanisme atau memanusiakan manusia yaitu pendidikan pembebasan. Melalui pendidikan pembebasan, potensi peserta didik dapat dikembangkan dengan tuntunan bukan paksaan. Setiap anak memiliki waktunya masing-masing untuk potensi yang ada padanya berkembang secara optimal, tentunya peran guru sangat dibutuhkan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah pendidikan pembebasan dalam film Taare Zameen Par. Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidikan yang menjadikan peserta didik sebagai subjek atau pelaku dalam pendidikan agar terciptanya pendidikan yang bersifat kritis dan kreatif. Pendekatan humanisme menekankan pentingnya emosi atau perasaan, komunikasi terbuka, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh setiap siswa. Untuk itu, metode pembelajaran pembebasan mengarah pada upaya untuk mengasah nilai-nilai kemanusiaan siswa. Kemudian penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video dari film Taare Zameen Par dan sumber data sekunder dari buku, jurnal maupun sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau content analysis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan mengenai pendidikan pembebasan yang terdapat dalam film “Taare Zameen Par”, yaitu: membebaskan, semangat keberpihakan, prinsip partisipatif, kurikulum berbasis kebutuhan, kerja sama, evaluasi dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pembebasan, Film Taare Zameen Par
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Jul 2020 03:44
Last Modified: 04 Jul 2020 03:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7408

Actions (login required)

View Item View Item