PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANWARUSH SHOLIHIN KELURAHAN TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

RINA RENANINGTYAS, 1323308038 (2020) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANWARUSH SHOLIHIN KELURAHAN TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
RINA RENANINGTYAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semakin menurunnya etika dan moral anak dan semakin maraknya penyimpangan serta kenakalan pelajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya perbuatan menyontek, melanggar lalu lintas, tawuran, dan terjadinya tindak kekerasan baik di sekolah maupun diluar sekolah. Pendidikan karakter merupakan usaha sadar untuk melatih dan membimbing siswa agar dapat menerapkan nilai-nilai karakter yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu karakter yang harus dimiliki oleh siswa sebagai upaya dalam masalah sosial adalah karakter disiplin. Pendidikan karakter disiplin pada siswa sangat penting untuk diajarkan dan diterapkan guna membangun bangsa yang berkarakter. Untuk merealisasikan dalam kehidupan, pendidikan karakter disiplin harus dilakukan secara terus-menerus, sejak usia dini sampai dewasa, bahkan sepanjang hidup manusia itu sendiri. Penerapan pendidikan karakter disiplin akan lebih maksimal jika didukung dan melalui kerjasama dari berbagai pihak, sehingga disiplin tidak hanya ditananamkan dalam kegiatan sekolah saja namun juga di rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaiman proses pelaksanaan pendidikan karakter disiplin pada santri dalam ruang lingkup disiplin waktu, bersikap, mentaati peraturan, dan disiplin dalam beribadah di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin. Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin bertujuan untuk mendiskripsikan atau menggambarkan secara jelas dan mendalam tentang pendidikan karakter disiplin pada santri di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter disiplin pada santri di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin dilaksanakan melalui aturan-aturan tertulis dalam tata tertib pondok pesantren dengan cukup baik. Sedangkan dalam internalisasi pendidikan karakter disiplin menggunakan metode pengajaran, keteladanan, pembiasaan, teguran, dan peringatan yang diintegrasikan ke dalam kegiatan-kegiatan di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Jul 2020 03:14
Last Modified: 04 Jul 2020 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7405

Actions (login required)

View Item View Item