MANAJEMEN PEMBINAAN MORAL KERJA GURU MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Inggar Ermi Agustiani, 1223303014 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN MORAL KERJA GURU MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
INGGAR ERMI AGUSTIANI_MANAJEMEN PEMBINAAN MORAL KERJA GURU MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)

Abstract

Manajemen peningkatan mutu dapat dilaksanakan dengan baik di sebuah Sekolah atau Madrasah bilamana didukung oleh keberadaan guru yang produktif dengan melakukan berbagai pengembangan sesuai dengan kebutuhan sekolahnya masing-masing. Moral kerja yang tinggi akan mempertinggi produktivitas kerja seseorang. Ini berarti bahwa ada hubungan antara moral kerja dengan produktivitas. Ini berarti pula bahwa seorang guru yang memiliki moral kerja yang tinggi akan produktif, yaitu menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari hasil kerjanya dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Mengingat pentingnya guru yang sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan pendidikan, maka Sekolah atau Madrasah perlu memberikan pembinaan moral kerja pada guru agar para guru lebih semangat lagi dalam mengajar, yakni melalui manajemen pembinaan moral kerja bagi guru. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana proses manajemen pembinaan moral kerja MI Istiqomah Sambas Purbalingga? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembinaan moral kerja guru MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini, yaitu Kepala Madrasah, Kepala Bidang Akademik, dan Guru MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil temuan dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa Manajemen Pembinaan Moral Kerja Guru MI Istiqomah Sambas Purbalingga merupakan usaha sekolah dalam meningkatkan semangat kerja para guru. Proses Manajemen Pembinaan Moral Kerja Guru MI Istiqomah Sambas Purbalingga dilakukan melalui empat tahap, yakni: pertama, perencanaan yakni dengan merencanakan berbagai model pembinaan moral kerja untuk para guru, kedua, yakni pengorganisasian yaitu dengan menentukan siapa yang akan bertanggung jawab dalam kegiatan pembinaan moral kerja bagi guru, ketiga, yakni pelaksanaan yaitu dengan melaksanakan kegiatan pembinaan moral kerja guru dengan melaksanakan aspek-aspek moral kerja, keempat, yakni dengan melakukan evaluasi apakah hasil sudah sesuai yang direncanakan atau belum. KataKunci:Manajemen, Pembinaan, Moral Kerja, Guru. MOTTO

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:01
Last Modified: 11 Aug 2016 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item