WINI WAGIYANTI, 1223301221 (2016) PELAKSANAAN MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text
WINI WAGIYANTI_PELAKSANAAN MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PUR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri. Oleh karena itu, pada masa ini anak perlu diarahkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif, salah satunya adalah menghafal al-Qur‘an agar anak memiliki akhlak yang sesuai dengan al-Qur‘an, mengingat zaman sekarang akhlak remaja banyak yang menyimpang dari nilai-nilai al-Qur‘an. Tahfidzul Qur‘an merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang ada di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto Barat. Adanya muatan lokal tahfidzul Qur‘an bertujuan agar anak lebih sering membaca dan menghafal al-Qur‘an serta mendalami isi kandungan al- Qur‘an sehingga anak teringat dengan isi kandungan al-Qur‘an dan lebih mudah diarahkan kepada kebaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan muatan lokal tahfidzul Qur‘an, metode menghafal al-Qur‘an yang digunakan, faktor pendukung dan penghambat menghafal al-Qur‘an di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto Barat. Subjek penelitian adalah ustadz tahfidzul Qur‘an, siswa, dan kepala sekolah. Objek penelitian adalah pelaksanaan muatan lokal tahfidzul Qur‘an. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan muatan lokal tahfidzul Qur‘an di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto Barat terdiri dari tiga kegiatan, yaitu kegiatan setoran hafalan, sima‘an, dan muraja‘ah. Adapun proses menghafal al-Qur‘an dilakukan melalui metode talaqqi, tasmi‟, takrir, bin-nazhar, dan tahfidz. Secara umum, siswa menghafal al-Qur‘an dengan metode seluruhnya maupun metode bagian. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses menghafal terdiri atas faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya adalah usia, motivasi, bahasa Arab, sima‘an, lingkungan atau tempat menghafal, waktu menghafal, serta fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah malas, tidak mampu mengatur waktu dengan baik, jarang mengulang, waktu luang untuk mengobrol, mengantuk, dan bacaan susah. Kata kunci: Muatan Lokal, Tahfidzul Qur‘an, dan Boarding School.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 06:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
View Item |