PENENTUAN HARGA PEDAGANG KAKI LIMA PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Jl. Malioboro)

Nailal Hidayati, 1617301128 (2020) PENENTUAN HARGA PEDAGANG KAKI LIMA PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Jl. Malioboro). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NAILAL HIDAYATI_PENENTUAN HARGA PEDAGANG KAKI LIMA PERSPEKTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bisnis selalu memegang peranan penting di dalam kehidupan sosial dan ekonomi manusia sepanjang masa. Agar bisnis yang dikelola itu membawa manfaat dan kemaslahatan yang positif bagi manusia sebagai bekal hidup dan kehidupan dunia maupun akhirat, maka bisnis juga harus didasari dengan etika. Ketiadaan moral dan etika dalam bisnis menyebabkan pelaku bisnis melakukan bisnis dengan cara-cara yang dilarang. Etika bisnis dalam penentuan harga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan mengingat harga merupakan salah satu penyebab laku tidaknya produk dan jasa yang ditawarkan. Penentuan harga harus diperlukan untuk mencegah manusia menjual makanan dan barang lainnya dengan harga yang hanya ditentukan sesuai keinginan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah dua, yaitu untuk mengetahui penentuan harga pedagang kaki lima di jalan Malioboro dan untuk mengetahui pandangan etika bisnis Islam terhadap penentuan harga pedagang kaki lima di jalan Malioboro. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian lapangan (field research). Yaitu suatu penelitian yang bertujuan mencari data langsung di lapangan mengenai penentuan harga pedagang kaki lima di jalan Malioboro. Kemudian data tersebut diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan pedagang kaki lima, pembeli, sekertaris dan petugagas Malioboro. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive sampling, sebanyak 10% dari jumlah populasi 105 pedagang kaki lima, sehingga sampelnya adalah 10 pedagang. Data-data tersebut kemudian peneliti analisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik deduktif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penentuan harga yang dilakukan oleh pedagang makanan kaki lima di Jalan Malioboro Yogyakarta dalam penerapannya sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, namun ada sebagian kecil pedagang yang tidak sesuai dengan prinsip keadilan dan kejujuran. Hal ini didasarkan pada hasil wawancara terhadap responden pedagang makanan kaki lima dengan mengambil sampel 10% dari seluruh pedagang makanan, dan hasilnya 3% di antaranya dinyatakan tidak adil serta tidak jujur dalam menentukan harga karena membedakan harga antara pembeli lokal dan pembeli non lokal tanpa sepengetahuan pembeli. Kata kunci : Etika bisnis, Penentuan harga, pedagang kaki lima, Malioboro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis, Penentuan harga, pedagang kaki lima, Malioboro.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:52
Last Modified: 02 Jul 2020 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7367

Actions (login required)

View Item View Item