PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) SEKAR PURBALINGGA

Sherlyana, Sugiarto Putri (2020) PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) SEKAR PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SHERLYANA SUGIARTO PUTRI_PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) SEKAR PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) SEKAR PURBALINGGA SHERLYANA SUGIARTO PUTRI 1617401088 Abstrak: Menjadi guru yang berkompeten merupakan sasaran yang harus dicapai semua guru tanpa terkecuali. Apalagi guru pada Taman Penitipan Anak, yang mempunyai tugas ganda yaitu mendidik dan mengasuh anak. Tanpa kompetensi, guru tidak dapat memberikan layanan terbaiknya. Sehingga, pengembangan perlu dilakuan oleh guru untuk mencapai kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan yang harus dilakukan guru untuk mencapai kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Lokasi yang diteliti adalah TPA Sekar Purbalingga. Dengan subjek penelitian meliputi guru, kepala TPA, sekretaris yayasan, dan orang tua. Hasil penelitian tentang Pengembangan Kompetensi Guru di TPA Sekar Purbalingga, yaitu: 1) Pengembangan kompetensi yang dilakukan berkaitan dengan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional. kompetesi kepribadian, dan kompetensi sosial. 2) Berbagai pembinaan, pelatihan, dan supervisi yang dilakukan membuat guru dapat meningkatkan kompetensinya 3) Kegiatan pelatihan yang diikuti guru berasal dari dalam dan luar TPA, seperti pelatihan pada lembaga pendidikan lain maupun upgrading dan parenting yang diadakan TPA sendiri. Pembinaan dan supervisi yang diberikan pun dari kepala TPA dan juga yayasan. 4) Melalui pembinaan, pelatihan dan supervisi yang mengacu pada empat kompetensi, membuat TPA Sekar dapat meningkatkan kualitas guru dan kualitas layanan yang mereka miliki. Kata Kunci: Pengembangan Kompetensi, Kompetensi Guru, Pembinaan, Pelatihan dan Supervisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kompetensi, Kompetensi Guru, Pembinaan, Pelatihan dan Supervisi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sherlyana Sugiarto Putri
Date Deposited: 01 Jul 2020 01:01
Last Modified: 01 Jul 2020 01:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7349

Actions (login required)

View Item View Item