STRATEGI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KE-NU-AN DI SMP DIPONEGORO SAMPANG KABUPATEN CILACAP

Nur Syaiful, 1522402153 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KE-NU-AN DI SMP DIPONEGORO SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR SYAIFUL_STRATEGI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KE-NU-AN DI S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran ke-NU-an merupakan mata pelajaran tambahan yang masuk dalam kategori mata pelajaran muatan lokal sebagai upaya pelestarian amaliyah paham Ahlussunnah wal Jama’ah bercorak NU yang dilaksanakan dalam bidang pendidikan di madrasah. Mata pelajaran muatan lokal ke-NU-an dijadikan sebagai dasar untuk memahami pengetahuan berupa ajaran dan budaya keagamaan yang sudah berlangsung lama dalam masyarakat dan dipercayai oleh masyarakat bahwa amalan ibadah tertentu boleh dan baik untuk dilakukan. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran muatan lokal ke-NU-an guna melihat secara jelas pelestarian amaliyah Ahlussunnah wal Jama’ah yang bercorak NU di SMP Diponegoro Sampang Kabupaten Cilacap. Dalam penelitian ini, permasalahan yang dikaji adalah apa saja strategi pembelajaran yang digunakan dan bagaimana penerapan strategi pembelajaran tersebut pada mata pelajaran muatan lokal ke-NU-an di SMP Diponegoro Sampang Kabupaten Cilacap. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan macam-macam strategi pembelajaran yang digunakan dan bagaimana pelaksanaanya dalam pembelajaran muatan lokal ke-NU-an di kelas VII A SMP Diponegoro Sampang Kabupaten Cilacap. Dalam menjawab rumusan masalah yang ada, peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran ke-NU-an. Objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran muatan lokal ke-NU-an di kelas VII A SMP Diponegoro Sampang Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga strategi pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran muatan lokal ke-NU-an di kelas VII A SMP Diponegoro Sampang Kabupaten Cilacap yaitu strategi pembelajaran ekspositori, kontekstual dan kooperatif. Dalam penerapannya, guru mengutamakan penggunaan strategi ekspositori untuk menyampaikan materi dan mengkombinasikan dengan strategi kontekstual dan strategi kooperatif kelompok. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Ke-NU-an, SMP Diponegoro Sampang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Ke-NU-an, SMP Diponegoro Sampang
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:06
Last Modified: 24 Jun 2020 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item