IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO

Ika, Wahyuningsih (2020) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ika Wahyuningsih_Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembe.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO IKA WAHYUNINGSIH 1617402198 ABSTRAK Upaya pemerintah untuk membangun pendidikan yang lebih baik salah satunya dengan pengembangan kurikulum. Perubahan Kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ke Kurikulum 2013 membawa perubahan yaitu pada standar penilaian. Selama ini, penilaian terhadap proses belajar mengajar kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan penilaian hasil belajar. Sejatinya, penilaian tidak dapat dipisahkan dari proses belajar. Penilaian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai Kurikulum 2013 dilakukan secara autentik. Proses penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum dilakukan secara maksimal dan masih ada hambatan. Dengan adanya hambatan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatannya deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Purwokerto meliputi proses perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik. Pada proses perencanaan guru menyusun RPP dengan melihat silabus maupun buku pembelajaran. Untuk proses pelaksanaan guru melakukan penilaian autentik dengan melihat kondisi peserta didik di lapangan. Untuk menentukan teknik penilaian autentik yang akan digunakan, guru menyesuaikan dengan tema dan materi pelajaran. Ada tiga kompetensi dalam penilaian autentik yaitu penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilakukan dengan teknik penilaian observasi, diri, antar teman dan jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan dengan teknik penilaian tertulis, lisan dan penugasan. Teknik penilaian kompetensi keterampilan yaitu penilaian kinerja atau praktik, proyek dan portofolio. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam v

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:12
Last Modified: 23 Jun 2020 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7289

Actions (login required)

View Item View Item