IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AT-TAUJIEH AL-ISLAMY 2 LELER, RANDEGAN, KEBASEN, KABUPATEN BANYUMAS DALAM PEMBENTUKAN SANTRI TAFAQQUH FIDDIN

Zuhrufatul Askhiya, 1617402090 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AT-TAUJIEH AL-ISLAMY 2 LELER, RANDEGAN, KEBASEN, KABUPATEN BANYUMAS DALAM PEMBENTUKAN SANTRI TAFAQQUH FIDDIN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
ZUHRUFATUL ASKHIYA LAST_IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH DINIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum tidak hanya diterapkan dalam lembaga formal, tetapi dalam lembaga non formal juga menerapkan kurikulum sepertihalnya di madrasah diniyah pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Leler, Kebasen, Banyumas. Tafaqquh Fiddin merupakan mendalami ilmu agama. Pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Leler, Kebasen, Banyumas memiliki cita-cita untuk membentuk santri yang Tafaqquh Fiddin. Dan dapat mengimplementasikannya baik di dalam pondok pesantren maupun di luar pondok pesantren. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Leler, Kebasen, Banyumas dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu peristiwa serta jenis penelitian lapangan dimana penelitian mengungkapkan fakta yang ada dilapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Waktu penelitian sejak tanggal 4 November 2019 sampai 30 Januari 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari pengurus pondok pesantren, dewan asatidz, santri dan wali santri At-Taujieh Al-Islamy 2 Leler, Kebasen, Banyumas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakananalisis data menurut pendapat Milles dan Hubberman dengan langkah berupa reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan kesimpulan dan verifikasi (Verifivation) untuk memperoleh hasil dari penelitian berupa Implementasi Kurikulum Madrasah DiniyahPondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2Leler, Randegan, Kebasen, Kabupaten BanyumasDalam Pembentukan Santri Tafaqquh Fiddin. Hasil dari penelitian Penerapan Kurikulum Madrasah DiniyahPondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2Leler, Randegan, Kebasen, Kabupaten BanyumasDalam Pembentukan Santri Tafaqquh Fiddinadalah pondok pesantren tersebut sudah menerapkan setiap komponen yang terdapatdalam kurikulum. Dan dalam pengimplementasian Tafaqquh Fiddin sudah tertanam, baik di dalam pondok pesantren maupun di luar pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Tafaqquh Fiddin.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Jun 2020 08:03
Last Modified: 12 Jun 2020 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7268

Actions (login required)

View Item View Item