IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Uswatun, Chasanah (2020) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
USWATUN KHASANAH_IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PEMBELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menghafal ayat-ayat suci Al-Qur‟an merupakan amalan mulia yang mendatangkan banyak manfaat dan kebaikan bagi pelakunya di dunia dan akhirat. Namun pada kenyataanya, sebagian besar umat Islam merasa berat dan sulit untuk menghafalkannya. Berkaitan dengan pembelajaran Tahfidzul Qur‟an SMP Istiqomah Sambas Purbalingga mempunyai target dalam menghafal Al-Qur‟an yakni minimal 6 juz dalam 3 tahun selama menempuh pendidikan di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga, dan penelitian ini dilakukan di Boarding Putri khusus Tahfidz. Kemampuan siswa Tahfidz dalam menghafal Al-Qur‟an berbedabeda maka dari itu diperlukan metode yang tepat dari sekian banyak metode menghafal Al-Qur‟an. SMP Istiqomah Sambas Purbalingga mnggunakan metode Talaqqi dalam pembelajaran Tahfidzul Qur‟an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Talaqqi pada pembelajaran Tahfidzul Qur‟an di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini digambarkan keadaan yang sebenarnya dalam implementasi metode Talaqqi pada pmbelajaran Tahfidzul Qur‟an di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini mnggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Talaqqi pada pmbelajaran Tahfidzul Qur‟an di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga dilakukan dengan 4 kegiatan utama sebagai berikut: Pertama, Pembukaan. Kedua, Kegiatan inti pembelajaran yang meliputi proses menghafal, proses setoran ayat, dan muroja‟ah surat yang sudah dihafalkan. Ketiga, Kegiatan penutupan. Keempat, kegiatan evaluasi yang meliputi harian, tengah semester, dan akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Metode Talaqqi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 11 Jun 2020 05:10
Last Modified: 11 Jun 2020 05:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7264

Actions (login required)

View Item View Item