MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUSKHAFIYAH SEMONDO DAN AT-TAQWA JATINEGARA KABUPATEN KEBUMEN

ACHMAD SOLIHUN, 1717652001 (2020) MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUSKHAFIYAH SEMONDO DAN AT-TAQWA JATINEGARA KABUPATEN KEBUMEN. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
ACHMAD SOLIHUN_MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Manajemen pembiayaan pendidikan merupakan suatu kegiatan yang mengatur pembiayaan dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi terhadap biaya yang harus tersedia dan diperlukan pada penyelenggaraan pendidikan tujuan pendidikan. Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu instrumental input yangpenting dalam penyelenggaraan pendidikan. Pembiayaan pendidikan yang lemahakan menjadi penghambat bagi peningkatan kualitas pendidikan sehingga perlu adanya upaya penguatan dalam pembiayaan pendidikan maka sebagai bentuk penguatan pembiayaan pendidikan dengan melibatkan masyarakat untuk berperanakif dalampembiayaan pendidikan. Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muskhafiyah Semondo dan At-Taqwa Jatinegarasebagai lembaga pendidikan Islam dalampembiayaan pendidikannya mampu melibatkan masyarakat secaraaktif, dalam berbagai kegiatan dengan menggunakan prinsip darimasyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakatbaik pada jenis pembiayaan capital cost maupun recurrent cost. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalahManajemen pembiayaan pendidikan berbasis masyarakat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muskhafiyah Semondo dan At-Taqwa Jatinegara Kabupaten Kebumen baik padatahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan pendidikan yang mana mampu melibatkan masyarakat secara aktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakanpendekatan studi kasus. Adapun dalam teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan berbasis masyarakat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muskhafiyah Semondo dan At-Taqwa Jatinegaradi dalam penyelenggaran pendidikan khususnya pada pembiayaan pendidikan melibatkan masyarakat berperan aktif dalam berbagai kegiatan dengan menggunakan prinsip darimasyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat dengan melalui tahapan pembiayaan yaitu : Pertama, perencanaanpembiayaan pendidikan dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang berasaskan pada musyawarah mufakat. Kedua, pelaksanaan pembiayaan pendidikan dilakukan melaluipenggerakan sumber daya dan dana, kegiatan administrasi dan koordinasi, sertapenjabaran program dengan prinsip dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untukmasyarakat. Ketiga, evaluasi pembiayaan pendidikan dilakukan denganmelakukan perbandingan antara rencana anggaran belanja dan realisasi penggunaannya dengan prinsip transparansi anggaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembiayaan Pendidikan, dan Community Based Education (Pendidikan Berbasis Masyarakat).
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:19
Last Modified: 16 Mar 2020 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7202

Actions (login required)

View Item View Item