IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MUHAMMADIYAH SUNYALANGU KARANGLEWAS BANYUMAS

Mufidatul Khoeriyah, 1323305026 (2020) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MUHAMMADIYAH SUNYALANGU KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
MUFIDATUL KHOERIYAH_IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas V MI Muhammadiyah Sunyalangu sudah menerapkan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik kelas V di MI Muhammadiyah Sunyalangu Karanglewas Banyumas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Kelas V MI Muhammadiyah Sunyalangu Karanglewas Banyumas?” Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah Sunyalangu apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai implementasi metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik kelas pembelajaran tematik MI Muhammadiyah Sunyalangu. Adapun objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik sudah sesuai dengan teori yang sudah penulis paparkan pada bab II. Implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik kelas V MI Muhammadiyah Sunyalangu meliputi perencanaan seperti penyusunan RPP sebelum melakukan pembelajaran, pelaksanaan yaitu penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik, serta evaluasi yang dilakukan oleh guru. Semua rangkaian implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Role Playing, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:42
Last Modified: 11 Mar 2020 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7175

Actions (login required)

View Item View Item