MANAJEMEN PRAKTIK KERJA LAPANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

Nina Budi Utami, 1522401031 (2020) MANAJEMEN PRAKTIK KERJA LAPANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
NINA BUDI UTAMI_MANAJEMEN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SISWA DI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Praktik Kerja Lapangan adalah pengelolaan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Du/Di untuk meningkatkan mutu siswa SMK dengan kompetensi siswa sesuai bidangnya.Manajemen Praktik Kerja Lapangan terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap kegiatan praktik kerja lapangan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Terampil adalah cakap dan cekatanmenyelesaikan tugas. Melalui pelaksanaan praktik kerja lapangan dapat memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak bagaimana kehidupan di dunia kerja. Disamping uji coba ilmu yang dipelajari, melalui PKL siswa dapat mengembangkan keterampilan siswa khusunya keterampilan vokasional/ kejuruan di Du/Di sehingga ketika siswa tamat sudah benar-benar siap bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen praktik kerja lapangan untuk mengembangkan keterampilan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah Ketua Panitia PKL dan Peserta PKL. Metode penelitian yang digunakan dengan pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode ananlisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) Untuk Mengembangkan Keterampilan Siswa meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dalam proses perencanaan melalui tahapan perencanaan untuk kegiatan PKL, pengorganisasian yaitu dengan adanya pembentukan dan pembagian kerja panitia PKL, pelaksanaan PKL sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan , pengawasan dilakukan dengan monitoring yang dilakukan guru pembimbing sekolah dan melakukan kegiatan evaluasi untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan PKL, kendala, dan kedepannya akan seperti apa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Praktik Kerja Lapangan (PKL), Keterampil Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:36
Last Modified: 11 Mar 2020 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7163

Actions (login required)

View Item View Item