PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AR ROHMAN PANERUSAN KULON SUSUKAN BANJARNEGARA

Isti Rofi’atun Lutfiah, 1323305041 (2020) PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AR ROHMAN PANERUSAN KULON SUSUKAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
ISTI ROFI'ATUN LUTFIAH_PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI MADRASAH IBTIDAIYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia dirasakan amat sangat perlu pengembangannya bila mengingat makin meningkatnya kasus-kasus antar pelajar, serta bentuk-bentuk kenakalan remaja lainnya di kota-kota besar seperti pemerasan/kekerasan (bullying), tidak beretika, membolos sekolah, putus sekolah dan lain-lain. Sekolah sebagai institusi pendidikan yang berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai kepada siswa harus selalu memberikan perhatian yang serius terhadap pendidikan dalam rangka membentuk karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat. Untuk mengatasi hal tersebut MI Ar Rohman Panerusan Kulon berupaya menanamkan pendidikan karakter melalui 4 metode yaitu terintegrasi dalam pembelajaran, kebudayaan di sekolah, kegiatan ko-kurikuler dan atau ekstrakurikuler, serta kegiatan dirumah atau disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di MI Ar Rohman Panerusan Kulon Susukan Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terd/iri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di MI Ar Rohman Panerusan Kulon dilaksanakan dengan menginternalisasikan nilai karakter disiplin dan nilai karakter tanggung jawab berdasarkan metode yang dirumuskan oleh Dinas Pendidikan Nasional, diantaranya: terintegrasi dalam pembelajaran, budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar meliputi: kegiatan pembiasaan, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan dan pengkondisian. Kemudian kegiatan ko-kurikuler dan atau ekstrakurikuler, serta keseharian dirumah dan di masyarakat. Dengan kegiatan tersebut maka sikap, perilaku dan gaya bahasa siswa perlahan-lahan mulai berubah ke arah yang positif yaitu berperilaku sopan, santun, beretika, dan berakhlak karimah,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Disiplin dan Tanggung Jawab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:22
Last Modified: 09 Mar 2020 04:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7148

Actions (login required)

View Item View Item