UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MTS MA'ARIF NU 05 MAJASARI BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Rahayu, Sri (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MTS MA'ARIF NU 05 MAJASARI BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI RAHAYU_UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MTS MA'ARIF .pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap pelaksanaan pembelajaran Bahsa Arab di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Bukateja, karena madrasah ini berada dekat dengan pondok pesantren dan sebagian peserta didiknya tinggal dipondok pesantren, tentu ada upaya guru untuk meningkatkan pestasi belajar pada mata pejaran Bahasa Arab agar peserta didik yang tinggal di rumah dan di pondok pesantren prestasi belajarnya sama baiknya. Penelitian merupakan penelitian lapangan yang penulis lakukan di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Bukateja, Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru Bahasa Arab. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentas. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu; Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Bukateja dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pertama perencanaan pembelajaran, yaitu guru membuat perangkat pembelajaran yang berisi; Kalender Pendidikan, Rincian Minggu Efektif, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, Pemetaan KD, RPP, KKM sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab. Kedua pelaksanaan pembelajaran yaitu guru melaksanakan kegiatan pembelajaran susuai dengan perencanaan yang telah dibuat, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Bukateja sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Ketiga evaluasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Bukateja sudah sesuai dengan kurikulum 2013, penilaian dilakukan secara otentik dengan menilai tiga aspek yaitu aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Sedangkan upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Bukateja dilakukan dengan cara: Pertama, penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu dengan strategi pembelajaran kooperatif sesuai dengan kurikulum 2013, Kedua, memanfaatkan media pembelajaran dan alat peraga yang tersedia seperti LCD Proyektor,. Ketiga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan mensetting kelas seperti mensetting temat duduk yang bervariasi dan keempat, melakukan evaluasi pembelajaran secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Bahasa Arab, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:30
Last Modified: 04 Mar 2020 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item