Eni, Lestari (2020) TES LISANPEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V DI MIMA’ARIF NU KARANGPUCUNG PURWOKERTO SELATANBANYUMASTAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanyakesulitandalamdiri siswasaat melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa, mulai dari kurangnyapemahaman siswa secara menyeluruh tentang mata pelajaranBahasa Jawa, dankurangnya kemampuan siswa dalam menyampaikan buah pikiran merekadengan menggunakan bahasa verbal.Dengankata lain siswa sulit untukmengucapkan kata-kata dalam Bahasa Jawa.Dalam hal ini peneliti akanmelihat terhadap kemampuanberbicara Bahasa Jawasiswa pada mata pelajaranBahasa Jawadi MadrasahIbtidaiyah NU Karangpucung Purwokerto.Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalahBagaimanakahpenerapan Tes Lisan diMadrasah Ibtidaiyah NU Karangpucung Purwokerto?Skripsi ini bermanfaat bagipenulis dan gurudalam pembelajaran untukmeningkatkan kemampuanberbicara dengan adanyateslisan. Siswa denganbaik dan benar sehingga pada akhirnya siswa memperoleh nilai belajar yangbaik. Bagi siswa-siswiMadrasah Ibtidaiyah NU Karangpucung Purwokertosebagai bahan kajian untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengikuti teslisan pada mata pelajaranBahasa Jawa. Bagi peneliti lain sebagai bahan studiperbandingan, masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebihlanjut.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif, Penelitian inimerupakan jenis penelitian kualitatif.Lokasi penelitian ini dilakukan di MIMa’arif NU Karangpucung Purwokerto selatan Banyumas. Subjek penelitianadalah kepala madrasah, guru Bahasa Jawa, dan siswa kelas V. Objek penelitianadalah evaluasi tes lisan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di MI Ma’arif NUKarangpucung Purwokerto selatan Banyumas. Metode pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datayang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Setelah dilaksanakanpenelitian dengan cara observasi wawancara dandokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa:Ada pengaruh yang positifdengantes lisan siswa pada mata pelajaranBahasa Jawasiswa dapat berbicarabahasa Jawa lebih lancar sebelumnya. Serta dengan adanya tes lisan siswa dapatmemahami materi pelajaran bahasa Jawa ditujukan dengan adanya peningkatannilai hasil ulangan. Sebelum diadakanya tes Lisan yang remidi hampir semuasiswa setelah tes lisan yang remidi paling tiga hingga lima siswa.Dari hasiltersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penerapan teslisan pada mata pelajaranBahasa Jawadi Madrasah Ibtidaiyah NU KarangpucungPurwokerto.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes Lisan, Perencanaan, Pelaksanaan, Pelaporan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 02:57 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 02:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7099 |
Actions (login required)
View Item |