UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY

LUSI ARIYANTI, 1522405061 (2020) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LUSI ARIYANTI_UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukanolehpenulisadalahUpayaPembentukanKarakterDisiplinSiswaMelaluiKegiatanEkstrakurikuler.Sejak 2010 KementerianPendidikanNasionalmencanangkanpenerapanpendidikankarakterbagisemuatingkatpendidikan, baiksekolahdasarhinggaperguruantinggikarenaselamainipendidikangagaldalamaspekkarakter, dimanasekolahlebihmengedepankanprestasiakademisdanmelupakanpendidikankarakter.Pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan dimana saja baik dalam proses belajar mengajar maupun kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran. Dalampenelitianinipenulismenelitipembentukankarakterdisiplinpada proses kegiatanpendidikandiluarmatapelajaranyaitupadakegiatanekstrakurikuler. Rumusanmasalahpenelitianiniyaitu“Bagaimanaupayapembentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuler di MI Modern SatuAtap Al Azhary?” tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiinformasidanwawasanlebihluastentangupayapemebentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuler di MI Modern SatuAtap Al Azhary. Jenispenelitianmenggunakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganlokasipenelitian di MI Modern SatuAtap Al Azhary.Subjekpenelitianiniadalahkepalasekolah, pembinaekstrakurikuler, siswa.pengumpulan data dalampenelitianyaitudenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkanteknikanalisis data menggunakanteknikanalisis data Miles danHuberman yang terdiridarireduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiantentangupayapembentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuleryaituberjalandengancukupbaik, melaluipembiasaansepertimematuhitatatertib, contohdanteladansepertiperilakupositif yang dilakukanoleh guru atautemansatusamalain, penyadaransepertimemberikanpemahamanperilaku yang baikdantidakbaik, pengawasanatau control yang dilakukanoleh guru danpelatihekstrakurikuler.Adapunkegiatanekstrakurikulerpramuka, karate, pidacil, hadroh, qiro’ah.Dalamekstrakurikulertersebutterdapatkarakterdisiplin yang ditanamkansepertidisiplinterhadapwaktu, disiplindalamaturandandisiplindalamberpakaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PembentukanKarakter, Disiplin, KegiatanEkstrakurikuler.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:54
Last Modified: 02 Mar 2020 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item