STRATEGI KOMUNIKASI HIMPUNAN DAI SISWA (HIMDAIS) DALAM MENARIK MINAT ANGGOTA BARU SISWA MAN 1 CILACAP TAHUN 2019

Noviani, Rizky (2020) STRATEGI KOMUNIKASI HIMPUNAN DAI SISWA (HIMDAIS) DALAM MENARIK MINAT ANGGOTA BARU SISWA MAN 1 CILACAP TAHUN 2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZKY NOVIANI_STRATEGI KOMUNIKASI HIMDAIS DALAM MENARIK MINAT ANGGOTA BARU SISWA MA NEGERI (MAN) .pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

HIMDAIS adalah organisasi bidang kerohanian yang di naungi oleh Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). Dalam strateginya, HIMDAIS lebih banyak terjun kelapangan atau mengadakan kegiatan-kegiatan untuk mengenalkan HIMDAIS khususnya dikalangan siswa dan umumnya ke khalayak luas. Dibandingkan dengan organisasi lainnya seperti Polisi Keamanan Madrasah (PKM) yang mempunyai anggota 43 orang dan 6 kegiatan, Palang Merah Remaja (PMR) beranggotakan 66 orang dan 8 kegiatan, dan OSIM yang menjadi naungan semua organisasi sekolah yang hanya mempunyai 37 orang dengan 7 kegiatan. Anggota HIMDAIS dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup banyak, tahun sekarang anggota berjumlah 150 siswa yang terdiri dari kelas X dan kelas XI dengan jumlah kegiatannya mencapai 15 kegiatan yang sebagian besar kegiatannya bersifat umum yaitu peserta dari semua siswa MAN 1 Cilacap bukan hanya dikhususkan untuk anggotanya saja. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana strategi komunikasi HIMDAIS MAN 1 Cilacap dalam menarik minat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap. Data-data dalam penelitian berupa data kualitatif yang berupa data primer dan data skunder. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis deskripif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi HIMDAIS merupakan bagaimana cara yang digunakan pengurus dan anggotanya sebagai komunikator untuk menyampaikan suatu pesan dari salah satu tujuan HIMDAIS yaitu merekrut anggota baru untuk bergabung dalam organisasi tersebut melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook. Strategi komunikasi HIMDAIS meliputi, komponen-komponen strategi komunikasi, tahapan-tahapan strategi komunikasi, model strategi komunikasi yang digunakan oleh HIMDAIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, HIMDAIS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:01
Last Modified: 28 Feb 2020 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7056

Actions (login required)

View Item View Item