UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARABDENGAN METODE PENUGASAN TERHADAP SISWA KELAS XI MIPA 6DI MAN 2 BREBES

TYARA REGITA RUSTANDI, 1522403089 (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARABDENGAN METODE PENUGASAN TERHADAP SISWA KELAS XI MIPA 6DI MAN 2 BREBES. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh peserta didik adalah kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu penting bagi guru untuk selalu melakukan upaya-upaya tertentu yang kreatif dan inovatif sehingga dapat mendukung peningkatan prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran bahasa Arab. Berangkat dari permasalahan tersebut, penulis mengambil fokus penelitian pada bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab dengan metode penugasan terhadap siswa kelas XI MIPA 6 di MAN 2 Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang merupakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan terbagi menjadi tiga alur yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah menyelesaikan riset, diketahui bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab, guru kelas XI MIPA 6 sangat mengandalkan metode penugasan dimana metode tersebut dianggap sebagai solusi terbaik untuk menyikapi perbedaan metode belajar masing-masing anak. Berikut adalah beberapa upaya yang dilakukan pihak sekolah terutama pendidik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa: 1) Melakukan perencanaan dengan baik dan matang; 2) Menggunakan metode yang bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan sebagai salah satu dari strategi mengajar namun selalu diakhiri dengan metode pemberian tugas; 3) Membiasakan anak didik untuk mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan kepada mereka; 4) Memanfaatkan teknologi sebagai media penunjang pembelajaran selain menggunakan sarana dan prasarana; 5) Mengikuti pelatihan baik yang diselenggarakan madrasah maupun luar madrasah; 6) Memotivasi siswa di sela pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahasa Arab, metode penugasan, prestasi belajar, upaya guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:39
Last Modified: 28 Feb 2020 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7049

Actions (login required)

View Item View Item