Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas

Nur Endah Mei Fiftina, 1323302047 (2020) Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Nur Endah Mei Fiftina_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGWULUH LOR KE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan dan kemajuan suatu bangsa. Guru merupakan salah satu komponen penentu keberhasilan pendidikan. Guru dikatakan sebagai pendidik profesional apabila memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik guru bahasa Arab. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Oleh karena itu, penulis meneliti bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi terkait dengan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kompetensi pedagogik guru bahasa Arab. Terkait dengan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas telah memenuhi indikator yang ada pada kompetensi pedagogik Permendiknas No. 16 tahun 2007 yaitu: menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran /bidang pengembangan yang diampu.Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Bahasa Arab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:21
Last Modified: 27 Feb 2020 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7044

Actions (login required)

View Item View Item