DAMPAK KEHADIRAN MINIMARKET TERHADAP PEDAGANG PASAR TRADISIONAL “CERME” PURWOSARI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Febri Wulansari, 1323203048 (2020) DAMPAK KEHADIRAN MINIMARKET TERHADAP PEDAGANG PASAR TRADISIONAL “CERME” PURWOSARI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (947kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan minimarket merupakan aksi dari kemajuan perekonomian Indonesia secara makro.Namun, gairah ekonomi itu ternyata memicu keresahan dikalanganpedagang kecil, khususnya pedagang pasar tradisional.Minimarket juga hadir di sekitar Pasar Cerme, yaitu Indomart, Alfamart, dan Toko Cerme. Dengan kondisi seperti ini, tentunya antara minimarket terhadap pedagang pasar tradisional mengalami persaingan dan menimbulkan dampak positif dan negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak kehadiran minimarket terhadap pedagang di Pasar Tradisional “Cerme” Purwosari, yang kemudian dianalisis berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak keberadaan minimarket terhadap pedagang di Pasar Tradisional Cerme lebih merasakan adanya dampak negatif dari kehadiran minimarket, seperti dari pola kegiatan usaha, jumlah konsumen yang berkurang, dan berimbas pada pendapatan pedagang yang juga mengalam pengurangan. Konsumen lebih banyak berbelanja produk dan barang di minimarket. Dengan alasan kenyamanan dan pelayanan sehingga konsumen lebih suka berbelanja di minimarket. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa dampak positif juga dirasakan oleh pedagang di sekitar Pasar Cerme, walaupun imbasnya tidak terlalu berasa, tapi memang ada dampaknya. Misal, muncul ide dari pedagang untuk kembali menata barang dan menjaga kebersihan barang dagangan sebagai dampak yang ia rasakan, dan adanya penambahan barang baru untuk diperjualbelikan.Islam sendiri sangat mendukung aktivitas perdagangan ini. Islam tidak melarang kebebasan danberkreasi dalammelakukan usaha, namun dalam hal kompetisi haruslahdengan persaingan yangsehat.Kehadiran minimarket yang berdekatan atau berada di dalam pasar tradisional bertentangandengan peraturan perundang-undangan juga bertentangan denganunsurpersaingan usaha yang diajarkan oleh Islam, yaitu tidak memperhatikanpihak pesaing lainnya dan dari segi cara bersaing yangmenyebabkankerugian dalam bentuk penurunan pendapatan bagipesaingnya, yaitu pedagang pasartradisional. Kata Kunci: Dampak,Positif, Negatif, Minimarket, Pedagang, Pasar Tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak,Positif, Negatif, Minimarket, Pedagang, Pasar Tradisional
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:27
Last Modified: 25 Feb 2020 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item