Ummu, Mufidatun Aini (2016) PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BELA DIRI TAPAK SUCI DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.Pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
UMMU MUFIDATUN AINI_PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BELA DIRI TAPAK SUCI DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KABUPATEN BANYUMAS.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pada dasarnya setiap anak itu dikaruniai berbagai jenis kecerdasan. Tidak ada anak yang bodoh hanya saja setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda – beda. Untuk itu sudah menjadi tanggungjawab bagi guru, orang tua dan masyarakat untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan anak. Salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah siswa mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik anak yaitu melalui ekstrakurikuler bela diri tapak suci. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Pada Siswa Di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas, yang dilaksanakan melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Bela Diri Tapak Suci. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data dispay (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pengembangan kecerdasan kinestetik yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler bela diri tapak suci, melalui 6 (enam) cara, yaitu bergabung dengan ekstrakurikuler bela diri tapak suci, melibatkan fisik dalam proses latihan, mengaplikasikan gerakan ke dalam jurus dalam bela diri tapak suci, melakukan latihan gerakan secara berulang-ulang, membagi siswa dalam kategori seni dan pertarungan, dan memantau siswa. Setelah proses latihan yang telah dilaksanakan siswa mampu meniru dan memahami dari teknik jurus kususnya jurus katak. Dengan hal ini siswa mampu mengembangkan komponen dari kecerdasan kinestetik dalam ekstrakurikuler bela diri tapak suci, yaitu koordinasi, keseimbangan, kekuatan, dan kecepatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Kinestetik, ekstrakurikuler bela diri tapak suci |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 08:07 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:07 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |