SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANYUMAS

Supriyanto, 1617652010 (2020) SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada empat masalah utama yaitu apakah kompetensi Kepala MTs Negeri 2 Banyumas sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, apakah pelaksanaan supervisi kompetensi kepribadian dan sosial yang dilakukan Kepala MTs Negeri 2 Banyumas sudah sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi, apakah pelaksanaan supervisi kompetensi kepribadian dan sosial yang dilakukan Kepala MTs Negeri 2 Banyumas sudah sesuai dengan teknik-teknik supervisi, dan apakah hasil pelaksanaan supervisi kompetensi kepribadian dan sosial dapat meningkatkan kinerja guru MTs Negeri 2 Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Banyumas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan kredibiltas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa kompetensi yang dimiliki Kepala MTs Negeri 2 Banyumas, Mathori, S.Pd.M.M., terbukti sesuai dengan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Pelaksanaan supervisi kompetensi kepribadian dan sosial yang dilakukan Kepala MTs Negeri 2 Banyumas terbukti dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi yaitu ilmiah, demokratis, kerja sama, konstruktif dan kreatif. Pelaksanaan supervisi kompetensi kepribadian dan sosial yang dilakukan Kepala MTs Negeri 2 Banyumas terbukti dilaksanakan sesuai dengan teknik-teknik supervisi yaitu dengan menggunakan teknik supervisi yang bersifat individual dengan cara percakapan dan pertemuan pribadi. Selanjutnya dari pelaksanaan supervisi kompetensi kepribadian dan sosial yang dilaksanakan Kepala MTs Negeri 2 Banyumas terbukti dapat meningkatkan kinerja guru. Kegiatan supervisi kompetensi kepribadian, dan sosial ini dapat diterapkan di madrasah lain atau sekolah umum bercirikan agama Islam. Saran kepada kepala sekolah/madrasah untuk selalu membuat program dan pelaksanaannya untuk meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: supervisi - kompetensi kepribadian dan sosial - kepala madrasah - prinsip-prinsip supervisi - teknik-teknik supervisi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:45
Last Modified: 21 Feb 2020 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6984

Actions (login required)

View Item View Item