METODE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK ASPEK BAHASA INDONESIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SDLB-B YAKUT PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WILDA FAZMI LUVITA, 1522405037 (2020) METODE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK ASPEK BAHASA INDONESIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SDLB-B YAKUT PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
WILDA FAZMI LUVITA_METODE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sehubungan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 maka dalam proses pelaksanaan pembelajaran di SD/MI menggunakan pembelajaran tematik. Salah satu upaya untuk melaksanakan pembelajaran tematik yang optimal yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan atau dikuasai oleh guru untuk menyampaikan materi dan mengelola kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik dapat belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Seperti di SDLB-B Yakut Purwokerto yang menerapkan metode pembelajaran dalam pembelajaran tematik aspek bahasa Indonesia di kelas IV. Hal ini dikarenakan peserta didik di kelas IV tergolong anak-anak yang mengalami kelainan pada sistem pendengarannya atau biasa dikenal dengan istilah tunarungu sehingga berdampak pada sulitnya peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik dapat menerima dan menangkap isi materi pelajaran secara benar dan optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal dan pembelajaran akan lebih terasa menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tematik aspek bahasa Indonesia pada siswa tunarungu kelas IV di SDLB-B Yakut Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu Data Reduction, Data Display, dan Verification. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa guru telah menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran tematik untuk menyampaikan materi pelajaran bahasa Indonesia pada siswa tunarungu kelas IV di SDLB-B Yakut Purwokerto yang meliputi: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode drill (latihan), metode resitasi (penugasan), dan metode demonstrasi. Dalam penerapan metode-metode tersebut, guru selalu mengombinasikannya dengan memanfaatkan metode terapi wicara bagi anak tunarungu seperti metode SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia), metode lips reading (membaca bibir), serta Metode Maternal Reflektif (MMR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Tematik, Aspek Bahasa Indonesia, Kelainan Tunarungu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:39
Last Modified: 18 Feb 2020 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6955

Actions (login required)

View Item View Item