EVALUASI PROGRAM EDUTAINMENT BAGI SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA 2019/2020

Khaedar, Abdussofi (2020) EVALUASI PROGRAM EDUTAINMENT BAGI SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KHAEDAR ABDUSSOFI_EVALUASI PROGRAM EDUTAINMENT BAGI SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA 2019 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan dapat ditandai dengan suksesnya menjembatani peserta didik dalam menguasai kemampuan kognitif, afaktif dan psikomotorik dengan semaksimal mungkin. Sebab ketiga poin tersebut merupakan intisari dalam dunia pendidikan, oleh sebab itu SD Muhammadiyah 1 Purbalingga sejak awal berdiri tahun 2013 sampai saat ini tahun 2019 berupaya untuk mengembangkannya lewat pendidikan berbasis edutainment. Karena program tersebut sudah berjalan cukup lama maka perlu dievaluasi dan menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh kesuksesan dari program edutainment bagi siswa di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP (Contex Input Process Product). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, komponen contex, dalam melaksanakan evaluasi contex pihak sekolah mempertimbangkan latar belakang alasan mengenai adanya program, visi, misi dan tujuan dari program edutainment sudah baik. Maka dari komponen visi, misi dan tujuan untuk tetap dilanjutkan dan dikembangkan. Kedua, dari komponen input, menunjukan bahwa sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, kurikulum, anggaran dana sudah kategori baik. Sedikit catatan pada input SDM guru belum semuanya mampu menerapkan pendidikan berbasis edutainment dikarenakan memang butuh proses dalam menerapkannya apalagi sebagian guru merupakan guru kontrak dan ketika habis masa akan diganti guru baru dan butuh waktu untuk menyesuaikannya. Ketiga, evaluasi proses, dipahami sebagai pelaksanaan atau implementasi program pembelajaran berbasis edutainment, meliputi perencanaan program, membuat struktur organisasi dan tugas wewenang, pelaksanaan program, evaluasi sudah dalam kategori baik, maka untuk tetap diteruskan. Keempat, komponen produk/hasil sudah baik, tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan edutainment dengan mengembangkan kemampuan siswa melalui aspek kognitif, afektif dan psikomotorik telah terealisasi dan dibuktikan dengan prestasi dan perubahan sikap siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Edutainment, evaluasi berbasis CIPP
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:49
Last Modified: 14 Feb 2020 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item