KONSEP KOMPETENSI PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Nurfadilah, Nurfadilah (2020) KONSEP KOMPETENSI PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NURFADILAH_KONSEP KOMPETENSI PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

enelitian ini berusaha untuk mengungkap pemikiran Syed Muhammad A-Naquib Al-Attas selanjutnya disebut Al-Attas mengenai cetak biru (blue print) peserta didik yang hendak dihasilkan dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisa dan mengkritisi kompetensi peserta didik menurut Naquib Al-Attas dan menganalisa, menelusuri dan mencari konsep pemikiran Al-Attas mengenai peserta didik yang idealnya diwujudkan dalam pendidikan, terutama dalam aspek afektif atau moral transendental serta mengaplikasikan konsep pemikiran yang paling baik Al-Attas mengenai peserta didik yang idealnya diwujudkan dalam pendidikan, terutama dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menyatakan bahwa selama ini tujuan pendidikan sering dinyatakan ingin membentuk manusia sesuai dengan visi dan misi penciptaannya, yaitu mencetak manusia menjadi manusia yang ideal, menjadi sosok pribadi yang utuh, atau insan kamil. Semua tujuan pendidikan yang sering dinyatakan tersebut masih bersifat abstrak dan baru berada pada tataran idealis konseptual, belum bisa dijadikan acuan secara praktis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik kajian literatur atau kepustakaan (library research) yang bersifat kontemporer dengan sudut pandang filsafat pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah dengan menganalisis konsep-konsep Al-Attas yang berhubungan dengan tema peserta didik yang ideal. Konsep-konsep itu kemudian dilihat dan dianalisis untuk kemudian diambil kesimpulan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik heuristik; yaitu mencari pemahaman baru untuk mengevaluasi secara kritis kekuatan dan kelemahan pemikiran Al-Attas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Paradigma pendidikan yang ditawarkan Al-Attas lebih mengacu kepada aspek moral-transendental (afektif) meskipun juga tidak mengabaikan aspek kognitif (sensual–logis) dan psikomotorik (sensual-empiris). Hal ini relevan dengan aspirasi pendidikan Islami, yakni aspirasi yang bernafaskan moral dan agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ta'dib, murid, siswa, naquib
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:50
Last Modified: 13 Feb 2020 04:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item View Item