PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI SMP ISLAM AL-AZHAR 15 CILACAP

Chaerul, Rofik (2020) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI SMP ISLAM AL-AZHAR 15 CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
CHAERUL ROFIK_PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh variabel product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process, sebagai faktor-faktor bauran pemasaran terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap, baik secara parsial maupun bersama-sama. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa SMP Islam al-Azhar 15 Cilacap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Proportional Simple Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 74 responden. Instrumen penelitian dengan hasil valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Analisis regresi diperoleh koefisien regresi sebesar 0,564 atau sama dengan 56,4%,, yang berarti terdapat pengaruh variabel product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process, sebagai faktor bauran pemasaran secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel keputusan siswa memilih sekolah (Y) sebesar 56,4%, sedangkan sisanya 43,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Faktor bauran pemasaran yang paling besar mempengaruhi keputusan siswa memilih sekolah adalah variabel process sebesar 19,74%, diikuti oleh variabel product sebesar 19,40%, variabel people sebesar 12,64, variabel place sebesar 8,62%, variabel physical evidence sebesar 7,76%, variabel promotion sebesar 5,36%, dan yang terkecil memberi sumbangan adalah variabel price sebesar 3,14%. (2) Faktor Product secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 2,960 dan sig. 0,004. (3) Faktor Price secara parsial berpengaruh negatif terhadap keputusan siswa memilih sekolah, nilai thitung sebesar -1.072 dan sig. 0,288. (4) Faktor Promotion secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 1.814 dan sig. 0,074. (5) Faktor Place secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 2.045 dan sig. 0,045. (6) Faktor People secara parsial berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 1.914 dan sig. 0,060. (7) Faktor Physical Evidence secara parsial berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 1.881 dan sig. 0,064. (8) Faktor Process secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 2.475 dan sig. 0,016.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Product, Price, Promotion, Place, People, Physical Evidence, Process, Keputusan Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:39
Last Modified: 13 Feb 2020 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item View Item