PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK PESANTREN AL-KAUTSAR PURWOKERTO

Wilhanus Sundusi, si 1522407042 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK PESANTREN AL-KAUTSAR PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
WILHANUS SUNDUSI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto. Model pembelajaran yang diperkirakan baik untuk diterapkan dalam pembelajaran Matematika dalam rangka merangsang munculnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS), karena dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih banyak berpikir untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Siswa juga mendapatkan lebih banyak ide dan alternatif penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir matematis siswa kelas XI SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen bentuk the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Jurusan Perbankan Syariah (PBS). Adapun kelas XI TKJ dengan jumlah 20 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PBS dengan jumlah 15 siswa di jadikan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan tes bentuk uraian. Tes berupa Pre test dan Post test yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS). Hasil dari penelitian ini menunujukan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir matematis siswa kelas XI SMK Pesantren Al-Kautsar Purwokerto. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,33 (kategori sedang) yang lebih besar dari rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 0,17 (ketegori rendah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model TPS, Kreatif , Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:10
Last Modified: 10 Feb 2020 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6912

Actions (login required)

View Item View Item