PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM SI MADU (SIMULASI TAMAN EDUKASI) DI KEPOLISIAN RESOR BANYUMAS

ROHMI KUSNENDAR 1123301204, ROHMI KUSNENDAR 1123301204 (2020) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM SI MADU (SIMULASI TAMAN EDUKASI) DI KEPOLISIAN RESOR BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latarbelakangpenelitianinimunculberangkatdarikenyataanbahwa Kepolisian Resor Banyumas (Polres Banyumas) inimempunyai program-program kegiatan yang digunakan untuk menanamkan karakter disiplin pada anak usia dini. Salah satu program yang dimiliki oleh Polres Banyumas ialah program Si Madu (Simulasi Taman Edukasi). Melalui program ini diharapkan karakter disiplin terutama dalam berlalulintas dapat tertanamkan sejak dini. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanbagaimanapelaksanaanpenanaman karakter disiplin pada anak usia dini melalui program Si Madu di Polres Banyumas.Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research) yang bersifatkualitatifdeskriptif.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Pengumpulan data dilakukandenganmenggalisumber datayaitu Kanit Dikyasa, Tim Si Madu, dan Anak Usia Dini.Objekpenelitianiniadalahpenanaman karakter disiplin pada anak usia dini melalui program Si Madu di Polres Banyumas.Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanteknikanalisisinteraktif model Miles and Hubermandengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan/verifikasi.Hasilpenelitianmenunjukan: 1) Upaya yang dilakukan oleh Polres Banyumas melalui tim Si Madu dalam menanamkan karakter disiplin pada anak usia dini adalah dengan cara mengadakan kegiatan roadshow ke seluruh wilayah kabupaten Banyumas.Kegiatan simulasi tersebut disesuaikan dengan karakterisitik anak usia dini yakni senang dimotivasi, senang bermain dan bersenang-senang, berpikir imajinatif, dan cenderung ingin mendapat ketrampilan. Dalam melaksanakan kegiatan simulasi, tim Si Madu juga melibatkan empat unsur disiplin yaitu, peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi.2) Cara yang digunakan dalam menanamkan karakter disiplin pada anak usia dini melalui program Si Maduyaitu memberikan contoh serta memberikan penjelasan dan tanya jawab. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Anak Usia Dini, Program Si Madu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Disiplin, Anak Usia Dini, Program Si Madu.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:06
Last Modified: 28 Jan 2020 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6873

Actions (login required)

View Item View Item