PERAN GURU PAI DALAM MELESTARIKAN TRADISI ISLAM MELALUI PENDALAMAN MATERI TRADISI ISLAM NUSANTARA DI SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

Nada, Putri Sekarningrum (2019) PERAN GURU PAI DALAM MELESTARIKAN TRADISI ISLAM MELALUI PENDALAMAN MATERI TRADISI ISLAM NUSANTARA DI SMP NEGERI 8 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NADA PUTRI SEKARNINGRUM_PERAN GURU DALAM MELESTARIKAN TRADIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan mengetahui peran guru PAI dalam melestarikan tradisi Islam melalui pendalaman materi tradisi Islam nusantara di SMP Negeri 8 Purwokerto. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi rendahnya minat remaja untuk ikut menjaga dan melestarikan tradisi yang sudah turun menurun. Di lembaga pendidikan formal memiliki upaya untuk melestarikan tradisi Islam nusantara melalui pendalaman materi dengan memperkenalkan tradisi apa saja yang sudah berjalan dan perlu dilestarikan untuk tetap menjaga keaslian tradisi nusantara. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apa saja bentuk tradisi Islam nusantara yang ada di SMP Negeri 8 Purwokerto? (2) Bagaimana pelestarian tradisi Islam melalui pendalaman materi tradisi Islam nusantara di SMP Negeri 8 Purwokerto? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar penelitian di SMP Negeri 8 Purwokerto. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian melalui pendalaman di SMP Negeri 8 Purwokerto, guru mampu menjelaskan dengan terstruktur apa saja tradisi yang ada di Jawa, khususnya di Banyumas. Guru pula mengaitkan antara tradisi yang dilakukan memiliki nilai-nilai keislaman tersendiri, namun tidak menghilang nilai budaya nusantara. Dalam kegiatan belajar mengajar banyak terjadinya perbedaan pendapat kemudian guru akan memberi pemahaman dengan hati-hati apa makna tradisi Islam nusantara agar siswa tidak mudah menghakimi, bersifat radikal, maupun intoleransi kepada sesama muslim. Dalam penerapannya guru dituntut berperilaku netral dan tidak memaksakan tradisi di sekolah karena banyaknya perbedaan amalan yang dianut siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Tradisi Islam Nusantara
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 26 Dec 2019 00:23
Last Modified: 26 Dec 2019 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6830

Actions (login required)

View Item View Item