IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KAMPUNG ARAB KEBUMEN (KAK) PONDOK PESANTREN AL ISTIQOMAH TANJUNGSARI PETANAHAN KEBUMEN

Salis Ibnu Rosyid, 1522403082 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KAMPUNG ARAB KEBUMEN (KAK) PONDOK PESANTREN AL ISTIQOMAH TANJUNGSARI PETANAHAN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB v_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Salis Ibnu Rosyid_FUEL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya masalah yang ditemukan oleh Peserta Didik dalam belajar Bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan bahasa Asing. Selain jarang dipakai dalam berkomunikasi, bahasa ini juga merupakan bahasa yang terbilang sulit.sehingga tidak mudah bagi pengajar dalam menyampaikan pelajaran tanpa adanya strategi yang bervariasi.Adapun hakikat belajar Bahasa Arab adalah merubah konsep bahasa menjadi berbahasa. Dalam mempelajari Bahasa ArabPeserta Didik diharapkan mampu terampil dalam keterampilan berbahasa, yaitu keterampilanberbicara,menyimak, membaca dan menulis. Adapun tujuan penelitian ini yaitu ingin mendeskripsikan secara eksplisit tentang penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kampung Arab Kebumen. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif menggunakan data lapangan (field study) dan menghasilkan data deskriptif berupa penjelasan tertulis dan lisan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan triangulasi dari ketiga teknik tersebut untuk diambil keabsahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di Kampung Arab Kebumen menerapkan strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Active Learning) yang mempunyai tujuan khusus secara praktis. Pengajaran Bahasa Arab lebih menekankan penggunaan Bahasa Arab sebagai alat komunikasi. Maka, proses pembelajaran menekankan para peserta didik untuk berbicara dengan Bahasa Arab secara langsung. Harapannya, para warga pembelajar akan mampu mengomunikasikannya kembali dalam kehidupan real ketika di lingkungan Bahasa Arab. Selain itu, unsur-unsur budaya dan sosiolinguistik juga diajarkan agar mampu beradaptasi dengan mitra tutur Bahasa Arab. Pembelajaran Bahasa Arab di Kampung Arab Kebumen menggunakan konsep biʻah lughawiyah atau lingkungan Bahasa Arab. Sehingga, proses pemerolehan Bahasa Arab terjadi secara natural dan alamiah seperti dalam kehidupan Bahasa Arab aslinya. Adapun strategi yang digunakan dalam pembelajaran yaitu strategi Active Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:48
Last Modified: 20 Dec 2019 03:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item View Item