AkbarinaNurrizkiani, 1522402215 (2019) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGHAFAL BACAAN SHALAT DI KELAS IV SDN 2 KARANGPUCUNG KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (908kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI FULL AKBARINA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
RendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam menjadipermasalahantersendiribagi guru kelas IV.Untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SDN 2 Karangpucung, makadilakukanPenelitianTindakanKelas.TujuandariPenelitianTindakanKelasadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam melalui media audio visual.SetelahdilakukanPenelitianTindakanKelasini, diharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalam proses pembelajaranPendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 2 Kertanegara. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(anction research), sedangkanmetodepengumpulan data yang digunakanadalahmetodeobservasi, wawancara, dokumentasidantesdilaksanakanmelaluibeberapatahap, yaituPlanning (perencanaan), Acting (tindakan), Observating(pengamatan) danreflekting(refleksi).Penelitiantindakankelasinidilakukanmelalui2 (dua) siklusperbaikanpembelajarandenganmenggunakansistimberdaur. Hasilpenelitianmenunjukan, hasilbelajarsiswapadapelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam melalui media audio visual di kelas IV SD Negeri 2 Karangpucungadalahsebagaiberikut ; berdasarkan data awalsebelumdilakukantindakanperbaikanpembelajaran, nilai rata-rata siswapadamaterimenghafalbacaansalatsebesar 6,68 denganprosentaseketuntasanbelajar 32%. Padasiklus I nilai rata- rata 68,6 denganprosentase 50% danpadasiklus II nilai rata-rata siswasebesar 75 denganprosentasetingkatketuntasanbelajarsiswasebesar 82%. Peningkatanhasilbelajarsiswapadaaspekkognitifjugadiikutipadaaspekafektifyaituditandaidenganperubahansikapsiswa, sertapadaaspekpsikomotoriksiswa, yaituditandaidenganadanyaperubahanperilakusiswadarinegatifmenjadipositifdansiswajugaterlibatsecaraaktifdalam proses pembelajaranPendidikan Agama Islam. Kata Kunci:Penerapan, Media Audio Visual,Hasilbelajar, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Media Audio Visual,Hasilbelajar, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 02:53 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 02:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6812 |
Actions (login required)
View Item |