PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KARANGKLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUNPELAJARAN2018/2019

ROHMA AMALIAWATI, 1522402244 (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KARANGKLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUNPELAJARAN2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
ROHMA AMALIAWATI__PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru adalahpendidikprofesionaldengantugasutamamendidik, mengajarmembimbing, mengarahkan, menilaidanmengevaluasipesertadidik. Dengantugasmendidikseorangpesertadidik.Begituhalnyadenganhasilbelajar, khususnyapadapelajaranPendidikan Agama Islam. Akan tetapipadakenyataannya, terlihatbahwahasilbelajarpesertadidikkhususnyakelas V di SD Negeri 1 KarangklesempadamatapelajaranPendidikan Agama Islammateri menceritakan kisah Nabi tergolongrendah, sedangkanpendidiksudahberusahauntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdenganmenggunakanmetodepembelajaranyaituceramahdanmencatat, namunhasilbelajarpesertadidikkelas V masihsajabanyakpesertadidikyang belumbisamencapaiKKM. MakapenulisdalampenelitianinimencobamenerapkanStrategiCrosswordPuzzle. PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarPendidikan Agama Islam melaluipenerapanstrategiCrossword Puzzle permasalahan yang akandi bahasyaituhasilbelajar peseta didik. jenispenelitiantindakankelas (PTK). Urutankegiatanpenelitianmencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalampengumpulan data, Penulismenggunakanteknikwawancara, observasi, dokumentasi, pengukuranteshasilbelajar.Sedangkanuntukanalisisnya, penulismenggunakanteknikanalisisdeskriptifkualitatif. HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanstrategiCrossword Puzzle padapembelajaranPendidikan Agama Islam dapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik. Hal itudilihatberdasarkanhasilbelajarpadaPrasiklussebesar 42% meningatmenjadi 58% padasiklus I, kemudianhasilbelajarpadasiklus II sebesar 83% yang mengalamipeningkatandarisiklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Crossword puzzle, Hasilbelajar, Pembelajaran PAI, Kisah Nabi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:42
Last Modified: 19 Dec 2019 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6811

Actions (login required)

View Item View Item