UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Muhammad, Sufian Kade (2019) UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD MUH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar akan menciptakan suasana yang kondusif dan interaktif. Seorang guru akan merasakan adanya kemudahan di dalam melakasanakan pembelajaran dikelas, yang akan meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran yang hendak dicapai didalam proses pembelajaran dapat tercapai dengan tuntas sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan guru yang sudah mampu memberi sebuah motivasi kepada siswanya dengan berbagai cara agar siswanya tidak merasa jenuh dalam pembelajarannya secara variatif. Penelitian yang digunakan oleh peneliti selama proses penelitian ini adalah metode kualitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and huberman yaitu mulai dari reduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hal ini yang dilakukan oleh peneliti terkait dengan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Purwokerto maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam me motivasi belajar siswa. Upaya guru dalam melakukan berbagai macam cara memotivasi belajar siswa adalah guru jarang sekali memberikan reward kepada siswa dan guru sering memberikan gambar bintang serta dengan tepukan tangan atau mengacungkan jempol dan kata-kata yang membuat siswa menjadi semangat belajar. Dan guru lebih suka belajar yang interaktif, siswa selalu terlibat dalam kegiatan belajar mengajar dan siswa lebih aktif menanggapi setiap pertanyaan yang guru buat, agar siswa tidak mudah bosan. Dan upaya guru dalam memberikan motivasi belajar siswa adalah memberikan ice breaking “tepuk semangat” dan menyanyikan lagu serta mengadakan gaya dalam menyanyi lagu. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Bentuk dan cara memotivasi siswa dalam kegiatan belajar di SD Muhammadiyah 1 Purwokerto: Memberi Angka, Saingan/Kompetisi, Memberi Ulangan, Mengetahui Hasil, Pujian dan Hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Motivasi, Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:25
Last Modified: 19 Dec 2019 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6806

Actions (login required)

View Item View Item