PENGGUNAAN METODE CANTOL ROUDHOH DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TK NAKITA INSAN MULIA PURWOKERTO

Tri, Cahyaningrum (2019) PENGGUNAAN METODE CANTOL ROUDHOH DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TK NAKITA INSAN MULIA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
BAB 1-5 FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER,BABI,BABV,DAFTARPUSTAK.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Aspek perkembangan bahasa menjadi penting untuk dikembangkan karena manusia dalam menjalani hidupnya terutama ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lain membutuhkan bahasa sebagai sarananya. Melalui bahasa dalam keseharian anak-anak dapat menyampaikan gagagsan, pemikiran, keinginan, dan pendapatnya. Salah satunya dengan memberikan pengembangan kemampuan membaca permulaan untuk anak usia dini. Banyak metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini salah satunya adalah dengan metode cantol roudhoh. Penerapan metode cantol roudhoh dalam pembelajaran dapat membuat anak tertarik dan anak mau berlama-lama untuk belajar membaca, serta dapat menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. metode cantol roudhoh mengembangkan metode membaca dengan menggunakan sistem bercerita, bermain, dan bernyanyi, ini sesuai dengan haikat anak usia dini yaitu dimana dunia anak adalah dunia bermain. Berdasarkan latar belakang, peneliti tertarik mengetahui secara rinci dengan menggali informasi mengenai proses pengembangan membaca permulaan dengan metode cantol roudhoh di TK Nakita Insan Mulia Purwokerto. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian deskriptif tentang “Penggunaan Metode Cantol Roudhoh Dalam Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Di Tk Nakita Insan Mulia Purwokerto”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, kerena kegiatan di dasarkan pada data-data yang dikumpulkan dari lapangan secara langsung di TK Nakta Insan Mulia Purwokerto. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Proses penggunaan metode cantol roudhoh untuk paket A yaitu memperkenalkan cantolan-cantolan dari teman-temannya baju sampai teman-temannya zahra, setelah mencapai target teman-temannya zahra lanjut pada paket B yaitu masuk pada perkenalan kelompok vokal (a, i, u, e, o), setelah itu masuk pada kelompok ng (kucing), selanjutnya yaitu masuk kelompok ngaji (nga, ngi, ngu, nge, ngo) dan nyamuk (nya, nyi, nyu, nye, nyo). Tahap terakhir yaitu perkenalan cantolan dengan huruf konsonan. Penggunaan metode cantol roudoh yang diterapkan dalam pengambangan kemampuan membaca permulaan di TK Nakita Insam Mulia Purwokerto sudah dilaksanakan dengan baik dilihat dari peserta didik mampu membaca, paham dalam membedakan bunyi suku kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode cantol roudhoh, membaca permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 18 Dec 2019 00:20
Last Modified: 18 Dec 2019 00:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item